Peranan Customer Service PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung Dalam Pemberian Informasi

Wahyudin, Acep (2017) Peranan Customer Service PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung Dalam Pemberian Informasi. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui Bagaimana Peranan Customer Service PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung Dalam Memberikan Pelayanan Informasi Kepada pengguna Kereta di Stasiun Bandung. Untuk menjawab masalah penelitian diatas, maka ditetapkan Hak, Kewajiban, Sikap&Prilaku, Penampilan sebagai sub fokus untuk menganalisa fokus penelitianya itu Peranan Customer Services. Pendekatan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik Pengumpulan data adalah wawancara, observasi, studi pustaka dan pencarian internet, dokumentasi. Informan kunci penelitian ini adalah Customer Service PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 2 Bandung terdiri dari 3 orang dengan informan pendukung 2 orang ditetapkandengan menggunakan teknik purposive sampling. Menggunakan teknik analisis data ke tahap pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data, penarikan kesimpulan. uji keabsahan datanya dengan triangulasi, diskusi dengan teman sejawat dan Pengamatan yang terus menerus. Hasil penelitian adalah Hak Customer service berhak memberikan informasi sesuai data yang pada sistem. Hak dalam kepercayaan memberikan pelayanan informasi khususnya di PT. Kereta Api membuahkan hasil yang dicapai.Kewajiban Bentuk SOP customer service dalam melayani pelanggan yaitu 7S senyum, sapa, salam, sopan santun siap melayani. Sikap&Prilaku ketegasan dalam berbicara customer service kepada pelanggan mudah mengerti, dilihat dari body language, intonasi suara, dan gesture.dan dilihat berdasarkan dari waiting time dan surfing time.Mengikuti Pelatihan dan Pendidikan (Diklat). Penampilan tampak sangat rapi serta memberikan pelayanan komunikasi kepada konsumen sesuai kebijakan yang ditetapkan. Kesimpulan penelitian adalah Peranan Customer Service PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 2 Bandung dalam Memberikan Pelayanan Informasi Kepada pengguna Kereta di Stasiun Bandung dilihat telah berjalan sesuai yang direncakan baik dari sisi harus ditunjukkan Hak, dengan Kewajiban, memberikan Sikap&Prilaku, serta penampilan. Saran :Sebaiknya PT. Kereta Api Indonesia (Persero)Daop 2 Bandung menyediakan led tv dalam stasiun, tentang informasi kereta mengenai persyaratan pembatalan/mengubah jadwal keberangkatan kereta. Peneliti berharap agar Customer Service Daop 2 Bandung lebih professional dalam memberikan pelayanan informasi dan tetap menjunjung tinggi keramahan yang memuaskan kepada pelanggan, sehingga menjaga citra positif perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peranan Customer Service, Hak, Kewajiban, Sikap&Prilaku, Penampilan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51919

Actions (login required)

View Item View Item