Pembingkaian Berita Obat Ilegal (Analisis Framing Robert N. Entman di Harian Umum Pikiran Rakyat dan Harian Umum Kompas Edisi Rabu, 7 September 2016)

Gilang Alfaritzi, Muhammad (2017) Pembingkaian Berita Obat Ilegal (Analisis Framing Robert N. Entman di Harian Umum Pikiran Rakyat dan Harian Umum Kompas Edisi Rabu, 7 September 2016).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembingkaian dan cara pandang wartawan dari dua surat kabar berbeda mengkonstruksikan serta membangun realitas terhadap pemberitaan Obat Ilegal di Harian Umum Kompas dan Harian Umum Pikiran Rakyat, untuk mengetahuinya, peneliti menggunakan empat kategori yang dijadikan sub fokus yaitu pendefinisian masalah, memperkirakan penyebab masalah, membuat keputusan moral, dan menekankan penyelesaian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan metodologi kualitatif dengan model analisis framing Robert N. Entman. Model ini digunakan untuk mengetahui bagaimana media massa mengkonstruksikan realitas. Dengan pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa berbagai pemberitaan tersebut dapat dipandang dan dimaknai dengan berbeda. HarianUmum Kompas membingkai berita dilihat dari sudut pandang masalah sosial. Harian Umum Pikiran Rakyat membingkai berita berdasarkan data dan kondisi di lapangan dengan melakukan investigasi mengenai kasus obat ilegal. Pengawasan dari pihak berwenang BPOM dan Pemda setempat harus lebih di perketat, karena maraknya pengedaran obat ilegal ini sangat meresahkan masyarakat, teruma bagi generasi muda sebagai penerus bangsa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis Framing, Pembingkaian Berita Obat Ilegal
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51923

Actions (login required)

View Item View Item