Strategi Komunikasi Corporate Social Resposibility PT. Kereta Api Indonesia Kantor Pusat Bandung Melalui Kegiatan Pekan Olah Raga Kereta Api 2016

Reza, Fakhrur (2017) Strategi Komunikasi Corporate Social Resposibility PT. Kereta Api Indonesia Kantor Pusat Bandung Melalui Kegiatan Pekan Olah Raga Kereta Api 2016.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Corporate Social Responsibility PT. Kereta Api Indonesia Kantor Pusat Bandung melalui kegiatan pekan olahraga kereta api 2016 dalam meningkatkan kinerja karyawan. Peneliti mengangkat subfokus rencana, media dan pesan untuk menjawab fokus penelitian yakni strategi komunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi nonpartisipatif, dokumentasi, studi pustaka dan internet searching. Informan penelitian berjumlah 4 (empat) orang berdasarkan pada teknik purposive sampling. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Corporate Social Responsibility PT. Kereta Api Indonesia Kantor Pusat Bandung memiliki rencana pelaksanaan kegiatan pekan olahraga kereta api 2016 yaitu dengan membuat rencana kerja anggaran yang dimiliki oleh Corporate Social Responsibility PT. Kereta Api Indonesia Kantor Pusat Bandung pada akhir tahun 2015 yang di dalamnya terdapat rincian biaya, lokasi, dan waktu pelaksanaan kegiatan melalui media internal perusahaan yaitu telegram, rail document system (RDS), dan pesan broadcast berupa email sebagai saluran penyampaian pesan yang berisi informasi mengenai jadwal kegiatan dan juga ajakan kepada seluruh karyawan untuk saling mendukung di dalam meningkatkan kinerja dengan cara menjaga kesehatan jasmani. Kesimpulan penelitian memperlihatkan bahwa strategi komunikasi Corporate Social Responsibility PT. Kereta Api Indonesia Kantor Pusat Bandung berawal dari rencana pembuatan kegiatan dengan menggunakan media yang tepat sehingga pesan yang terdapat pada kegiatan tersebut yaitu untuk meningkatkan kinerja karyawan bisa tersampaikan. Peneliti menyarankan agar kegiatan pekan olahraga kereta api ini bisa menjadi acara rutin tahunan agar para karyawan bisa terus diberi dorongan atau motivasi agar selalu bisa menjaga kinerja yang dimilikinya dan juga mengubah sistem gugur di dalam sebuah pertandingan yang di adakan agar jika ada tim yang kalah, kontribusi mereka di dalam kegiatan tersebut tidak sampai disitu saja.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Kinerja
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51926

Actions (login required)

View Item View Item