Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Adat Robo-Robo Di Kabupaten Mempawah (Studi Etnografi Komunikasi Mengenai Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Adat Robo-Robo Di kabupaten Mempawah Kalimantan Barat)

Aby Husni, Said (2017) Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Adat Robo-Robo Di Kabupaten Mempawah (Studi Etnografi Komunikasi Mengenai Aktivitas Komunikasi Dalam Upacara Adat Robo-Robo Di kabupaten Mempawah Kalimantan Barat). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menguraikan secara mendalam mengenai Aktivitas Komunikasi Upacara Adat Robo-Robo di Kabupaten Mempawah. Ada pun fokus masalah Peneliti dibagi ke dalam beberapa sub-sub masalah mikro yaitu situasi komunikatif, peristiwa komunikatif, dan tindakan komunikatif dalam Upacara Adat Robo-Robo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif Tradisi Etnografi komunikasi. Subjek penelitian adalah Masyarakat dan pemangku adat yang mengikuti upacara adat Robo-Robo, terdiri dari 5 (lima) informan yang diperoleh melalui teknik Studi Literatur,internet searching. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, catatan lapangan, studi kepustakaan, dokumentasi dan internet searching. Teknik uji keabsahan data dengan cara peningkatan ketekunan pengamatan, kecukupan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Situasi Komunikatif yang terdapat dalam upacara adat Robo-Robo ini dilaksanakan dihanya di kabupaten Mempawah dengan budaya lokal. Peritiwa Komunikatif dalam upacara adat Robo-Robo yaitu sebagai Tolak Bala dalam bentuk ritual yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali yang sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Mempawah, sedangkan Tindakan Komunikatif dalam upacara adat Robo-Robo ialah tindakan yang mewujudkan perilaku verbal dan nonverbal sebagai ekspresi rasa syukur, kearifan budaya lokal. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Aktivitas Komunikasi dalam Upacara Adat Robo-Robo diwariskan dari turun temurun oleh leluhur mereka untuk mewujudkan rasa hormat kepada leluhur dan orang tua, serta dimana dalam adat Tolak Bala atau Robo-Robo ini dijalankan oleh Masyrakat Muslim setempat. Saran dari peneliti agar panitia lebih memperbanyak anak muda untuk menjadi panitia dalam upacara robo-robo, agar mereka nanti bisa Melestariakn Budaya ini dan Pemerintah juga lebih antusias dengan Upacara Robo-Robo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Etnografi Komunikasi, Aktivitas Komunikasi, Upacara Adat, Situasi Komunikasi, Peristiwa Komunikasi, Tindakan Komunikasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51929

Actions (login required)

View Item View Item