Diskriminasi Etnis-Etnis Minoritas (Analis Semiotika Roland Barthes Mengenai Diskrimasi Etnis-Etnis Minoritas Dalam Tayangan Iklan Television Cable Sale Stock Indonesia Catawalk Nusantara)

Ray Tiara, Ayubi (2017) Diskriminasi Etnis-Etnis Minoritas (Analis Semiotika Roland Barthes Mengenai Diskrimasi Etnis-Etnis Minoritas Dalam Tayangan Iklan Television Cable Sale Stock Indonesia Catawalk Nusantara). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna diskriminasi etnis- etnis minoritas dalam iklan Catwalk Nusantara. Untuk menjawab masalah diatas, maka peneliti mengangkat sub fokus : Sequence sebagai subjek dengan menganalisis Tanda denotatif, konotatif dan mitos/ideologi. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan studi analisis semiotika Roland Barthes. Objek yang dianalisis berupa diskriminasi etnis-etnis minoritas dalam iklan, Catwalk Nusantara, subjek yang dianalisis merupakan sequence yang terdapat pada iklan tersebut. Data penelitian diperoleh melalui studi pustaka, dokumentasi dan penelusuran data online. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data, peningkatan ketekunan dalam penelitian dan diskusi teman sejawat. Adapun teknik analisis data dengan kategorisasi dan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam iklan Catwalk Nusantara menggambarkan diskriminasi yang terjadi dalam pasar tradisional. Makna denotatif, konotatif, mitos/ideologi menunjukan adanya diskriminasi etnis-etnis tertentu yang tergambarkan lewat sequence dalam Iklan Catwalk Nusantara, dengan melihat tanda dan makna. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa makna diskriminasi etnis-etnis minoritas, terlihat dari pengucilan etnis-etnis lain sepeti Etnis Padang, Etnis Ambon yang direndahkan, menjadi gambaran bahwa diskriminasi yang terjadi di masa sekarang. Tidak dipungkiri bahwa diskriminasi banyak terjadi terlebih di negara multi-etnis. Saran yang dapat peneliti berikan adalah dalam melakukan penelitian dengan analisis semiotika dikhususkan untuk masyarakat agar bisa lebih mengontrol diri dalam menonton sebuah iklan. Bagi Universitas agar bisa memperluas materi Semiotika di matakuliah Metode Penelitian Kualitatif.. Untuk peneliti selanjutnya agar memberikan perhatian lebih dalam penelitiannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Diskriminasi, Etnis-etnis Minoritas, Iklan Komersil, Semiotika, Roland Barthes, Denotasi, Konotasi, Mitos/Ideologi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51930

Actions (login required)

View Item View Item