Pembangunan Aplikasi Multimedia Sebagaii Media Pembelajaran Hardware Dan Jaringan Komputer Untuk Kelas X Di SMK Teknik Industri Pembangunan Cimahi

Aldy Mulya Saputra, Mochamad (2017) Pembangunan Aplikasi Multimedia Sebagaii Media Pembelajaran Hardware Dan Jaringan Komputer Untuk Kelas X Di SMK Teknik Industri Pembangunan Cimahi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Hardware dan Jaringan Komputer merupakan salah satu mata pelajaran kelas X di SMK Teknik Industri Pembangunan Cimahi. Metode pembelajaran konvensional yang digunakan di SMK Teknik Industri Pembangunan Cimahi masih memiliki beberapa masalah. Berdasarkan hasil wawancara dengan Bapak Didit Ariadi S.ST., Gr., selaku guru Hardware dan Jaringan Komputer mengatakan bahwa proses ilustrasi yang terdapat dalam materi belum tergambarkan dengan baik yang menyebabkan penyampaian kasus tidak tersampaikan secara jelas. Begitu pula dengan hasil kuisioner penelitian awal terhadap siswa SMK Teknik Industri Pembangunan Cimahi dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan. Aplikasi Pembelajaran Hardware dan Jaringan Komputer merupakan aplikasi yang dibangun menggunakan metode pembangunan multimedia menurut Sutopo dan juga dilengkapi dengan metode pembelajaran interaktif CAI (Computer Assisted Instruction), yang bertujuan untuk menangai permasalahan yang terjadi dalam proses kegiatan belajar mengajar Hardware dan Jaringan Komputer. Model CAI yang digunakan terdiri dari tiga, yakni model Tutorial, Simulation, dan Drills and Practice. Beberapa fitur yang tersedia dalam aplikasi, terdiri dari materi, simulasi dan latihan soal. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru Hardware dan Jaringan Komputer menyatakan bahwa aplikasi yang dibangun dapat membantu guru dalam proses pembelajaran, khususnya dalam mensimulasikan kasus materi Hardware dan Jaringan Komputer. Kemudian dari hasil pretest dan posttest terhadap 69 siswa kelas X mendapatkan hasil pretest dan posttest dengan hasil presentase kenaikan nilai rata-rata sebesar 15% dan dari hasil kuesioner dengan hasil presentase sebesar 78% yang menyatakan menyetujui dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hardware Komputer, Jaringan Komputer, Multimedia, Computer Assisted Instruction, SMK Teknik Industri Pembangunan Cimahi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51945

Actions (login required)

View Item View Item