Mengukur Kualitas Layanan Dan Manajemen Prioritas Penanganan Keluhan Menggunakan Pendekatan CRM Di KOperasi Usaha Kita PT. PLN (Persero) Cimahi

Abyansyah Firdaus, Muhamamd (2017) Mengukur Kualitas Layanan Dan Manajemen Prioritas Penanganan Keluhan Menggunakan Pendekatan CRM Di KOperasi Usaha Kita PT. PLN (Persero) Cimahi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Koperasi Usaha Kita merupakan koperasi milik PT. PLN (Persero) Cimahi yang berdiri pada tahun 1997. Saat ini usaha yang dilakukan koperasi tersebut mencakup dalam beberapa bidang yaitu Bidang Organisasi, Bidang Administratoristrasi Sekretariat, Bidang Keuangan, Bidang Usaha Permodalan, dan lain-lain. Berdasarkan hasil wawancara dengan ketua Koperasi Usaha Kita, terdapat beberapa permasalahan. Salah satunya adalah masalah tentang keluhan dari setiap anggota koperasi. Saat ini keluhan dari setiap anggota masih bersifat penyampaiannya lisan dan keluhan-keluhannya belum terdokumentasi. Selama ini Koperasi Usaha Kita belum pernah meneliti tingkat kepuasan Anggota terhadap kualitas pelayanan yang telah diberikan, sehingga mereka tidak tahu dan tidak bisa mengevaluasi pelayanan yang telah diberikan kepada anggota koperasi. Adanya kebijakan dari perusahaan (PT. PLN (Persero)) mengenai pelayanan pada anggota koperasi yang mengakibatkan hingga saat ini belum terukurnya kualitas pelayanan dari kebijakan yang ada. Apabila hal ini tidak ditangani dengan serius, mengakibatkan turunnya rasa kepercayaan anggota koperasi. Dengan dilakukannya analisis dengan Metode Servqual dapat mengetahui tingkat kualitas pelayanan berdasarkan gap yang terjadi antara persepsi dan harapan Anggota. Serta metode TOPSIS yang memiliki konsep dimana alternatif yang terpilih merupakan alternatif terbaik yang memiliki jarak terpendek dari solusi ideal positif dan jarak terjauh dari solusi ideal negatif. Semakin banyaknya faktor yang harus dipertimbangkan dalam proses pengambilan keputusan, maka semakin relatif sulit juga untuk mengambil keputusan terhadap suatu permasalahan. Berdasarkan hasil pengujian fungsional yang telah dilakukan terhadap sistem informasi CRM di Koperasi Usaha Kita, dapat disimpulkan bahwa secara fungsional sistem ini dapat membantu koperasi dalam melakukan proses pengukuran kualitas layanan serta dapat membantu koperasi dalam menentukan prioritas penanganan keluhan anggota.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: koperasi, Costumer Relationship Management, Servqual, TOPSIS
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51951

Actions (login required)

View Item View Item