Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Pada Alat Musik Dan Tari Khas Jawa Barat Sebagai Pengenalan Seni Dan Kebudayaan (Studi Kasus Saung Angklung Udjo)

Dwi Ramadhan, Angga (2017) Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Pada Alat Musik Dan Tari Khas Jawa Barat Sebagai Pengenalan Seni Dan Kebudayaan (Studi Kasus Saung Angklung Udjo).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Seni adalah segala sesuatu yang diciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan dan mampu membangkitkan perasaan orang lain. Seni memiliki beberapa cabang, diantaranya adalah seni musik dan seni tari. Di tiap wilayah daerah di Indonesia kegiatan-kegiatan resmi mengenai kesenian akan diatur dan dikoordinasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Salah satu fungsi utama mereka adalah untuk mengenalkan sekaligus melestarikan kesenian khas daerah mereka ke masyarakat luas. Untuk kesenian khas Jawa Barat sendiri diatur oleh Dinas Pariwisata dan kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Berdasarkan wawancara dengan Pak Rowehandy, S.Sn,. MM selaku kepala seksi seni tradisi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, pengenalan kesenian Jawa Barat ke masyarakat masih menggunakan metode konvensional yaitu dengan melakukan pertunjukan seni di beberapa tempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan kesenian tari dan alat musik jawa barat ke masyarakat dengan menggunakan teknologi Augmented Reality. Augmented Reality adalah teknologi interaktif yang mampu memproyeksikan objek maya ke dalam objek nyata secara real time. Hasil keluaran dari penelitian ini adalah berupa aplikasi Android. Pengujian aplikasi ke masyarakat luas akan dilakukan di Saung Angklung Udjo. Pengunjung diminta untuk menguji aplikasi dengan mengarahkan kamera dari smartphone kearah marker yang telah disediakan dan kemudian aplikasi akan menampilkan objek 3D beserta suara dan animasi gerakan sesuai dengan gambar marker yang diarahkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Seni, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Augmented Reality, Android, Saung Angklung Udjo
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51952

Actions (login required)

View Item View Item