Pengaruh Modal Pinjaman Dan Jumlah Anggota Terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) Pada Koperaso Pegawai Pemerintah Kota Bandung (KPKB) Periode 2011-2015

Dwi Cahya, Alfian (2017) Pengaruh Modal Pinjaman Dan Jumlah Anggota Terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) Pada Koperaso Pegawai Pemerintah Kota Bandung (KPKB) Periode 2011-2015.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Modal pinjaman adalah sejumlah uang atau barang dengan nilai tertentu yang diperoleh dari luar koperasi atas dasar perjanjian hutang antara koperasi dan pihak yang bersangkutan. anggota koperasi adalah individu-individu yang menjadi bagian dari koperasi tersebut sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan.Sisa Hasil Usaha (SHU) adalah surplus hasil usaha atau defisit hasil usaha yang diperoleh dari hasil usaha atau pendapatan koperasi dalam satu tahun buku setelah dikurangi dengan pengeluaran atas berbagai beban usaha. Untuk meningkatkan sisa hasil usaha (SHU) koperasi dapat dilihat dari modal pinjaman yang terus meningkat, dan jumlah anggota yang semakin banyak. Fenomena yang terjadi pada Koperasi Pegawai Pemerintah Kota Bandung (KPKB) adalah dalam beberapa periode tertentu terjadi penurunan sisa hasil usaha (SHU) dan jumlah anggota sedangkan modal pinjaman mengalami kenaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh modal pinjaman dan jumlah anggota terhadap sisa hasil usaha (SHU). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 tahun terakhir data laporan keuangan jadi data yang diambil sebanyak 60 data (pool data). Alat analisis yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, regresi berganda, analisis korelasi, koefisien determinasi dengan uji hipotesis menggunakan Uji-t dan Uji-f. Pengujian hipotesis menggunakan program Software SPSS IBM Statistics 21.Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal pinjaman dan jumlah anggota secara parsial berpengaruh signifikan terhadap sisa hasil usaha (SHU). Modal pinjaman dan jumlah anggota secara simultan berpengaruh signifikan terhadap sisa hasil usaha (SHU). Sedangkan pengaruh yang paling dominan terhadap sisa hasil usaha (SHU) adalah jumlah anggota dengan kontribusi sebesar 56,7%. Sedangkan secara simultan, modal pinjaman dan jumlah anggota memberikan pengaruh terhadap sisa hasil usaha (SHU) sebesar 80,8%, sedangkan sisanya 19,2% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Modal Pinjaman, Jumlah Anggota, dan Sisa Hasil Usaha (SHU).
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/51989

Actions (login required)

View Item View Item