Pengaruh Rasio Hutang (DER) Dan Rasio Profitabilitas (NPM) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan SUB Sektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di BEI Periode 2011-2015

Akhmad Wicaksana, Randy (2017) Pengaruh Rasio Hutang (DER) Dan Rasio Profitabilitas (NPM) Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan SUB Sektor Otomotif Dan Komponen Yang Terdaftar Di BEI Periode 2011-2015.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Harga saham yang mengalami kenaikan mempunyai dampak baik terhadap perusahaan karena dapat meningkatkan nilai saham, sebaliknya akan berdampak buruk pada modal perusahaan karena modal tersebut tidak akan bertambah dan akan berhenti karena saham tersebut tidak laku dan banyak investor ingin menjual sahamnya. Sehingga transaksi pasar menjadi lemah karena harga saham yang mahal dan kemampuan investor untuk membeli saham dengan harga tinggi yang terbatas. Harga saham yang baik yaitu harga saham yang bergerak fluktuatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti apakah rasio hutang (DER) dan rasio profitabilitas (NPM) mempunyai pengaruh terhadap harga saham. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder berupa pooled data yaitu laporan keuangan perusahaan sub sektor otomotif dan komponen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2015. Pengujian statistik yang digunakan adalah analisis jalur, uji asumsi klasik, analisis korelasi pearson, koefisien determinasi dan uji hipotesis yang dihitung secara manual dan menggunakan aplikasi SPSS v16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa rasio hutang (DER) dan rasio profitabilitas (NPM) secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham dengan nilai, yaitu 30,8%. Secara parsial, rasio hutang (DER) berpengaruh negatif secara signifikan terhadap harga saham dengan nilai, yaitu (-15,8%). Sedangkan rasio profitabilitas (NPM) berpengaruh positif secara signifikan terhadap harga saham dengan nilai, yaitu 6,2%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Rasio Hutang, Rasio Profitabilitas, Harga Saham
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:58
Last Modified: 06 Jun 2017 02:58
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/52004

Actions (login required)

View Item View Item