Strategi Komunikasi Pemasaran Divisi Pemasaran Dan Niaga PT. PERTAMINA (Persero) Cabang Bandung Dalam Mempromosikan Produk Oli "Fastron" Bagi Konsumen Kota Bandung

Wahyuni, Indah (2013) Strategi Komunikasi Pemasaran Divisi Pemasaran Dan Niaga PT. PERTAMINA (Persero) Cabang Bandung Dalam Mempromosikan Produk Oli "Fastron" Bagi Konsumen Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran Divisi Pemasaran dan Niaga PT.PERTAMINA (Persero) Cabang Bandung Dalam Mempromosikan Produk Oli "Fastron" Bagi Konsumen Kota Bandung. Untuk menjawab tujuan diatas maka peneliti mengangkat indikator sebagai sub fokus pada penelitian ini yaitu penetapan tujuan pemasaran, penetapan sasaran pemasaran, rancangan pesan dan media, pengembangan promotional mix, penyediaan anggaran pemasaran, evaluasi dan pengendalian rencana pemasaran. Pendekatan Penelitian ini adalah kualitatif metode penelitian deskriptif yakni merupakan metode yang dipakai utnuk menjelaskan dan menggambarkan fenomena-fenomena yang terjadi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, teknik pengumpulan data dan teknis analisis data. Subjek pada penelitian ini adalah Sales Executive Retail unit Pelumas Pertamina Cabang Bandung, dan Dua Agen/Distributor Resmi Pertamina sebagai informan dan tiga orang informan kunci diatarannya adalah pengguna oli ��fastron��. Hasil penelitian yang telah dilakukan adanya penetapan tujuan pemasaran yang dilakukan melalui kegiatan activity plan yang dibuat pertahun, penetapan sasaran pemasaran dibuat dengan metode claustering untuk menetapkan target market pada segmen kelas top teer level, rancangan pesan dan media dilakukan melalui aktivitas above the line dan below the line, pengembangan promotional mix dilakukan dengan membuat iklan, melakukan kegiatan personal selling dan selalu berhubungan baik dengan konsumen, untuk penyediaan anggaran pemasaran telah ditetapkan oleh Pertamina pusat dan Kantor Cabang hanya menjalankan road map yang telah dibuat tersebut, pada evaluasi dan pengendalian rencana pemasaran berlangsung positif dibuktikan dengan peningkatan laba perusahaan untuk unit lubricants dan pengendaliannya adalah dengan membuat program-program baru kedepannya. Kesimpulan Penelitian adalah Strategi Komunikasi Pemasaran Divisi Pemasaran dan Niaga PT.PERTAMINA (Persero) Cabang Bandung Dalam Mempromosikan Produk Oli "Fastron" Bagi Konsumen Kota Bandung dapat berjalan sesuai dengan strategi yang telah diterapkan. Saran penelitian adalah sebaiknya bagi pihak distributor membuat majalah intenal yang dibuat setiap bulan, selain untuk menginformasikan kegiatan apa saja yang dilakukan oleh distributor, juga sekalian untuk promosi produk pelumas dari Pertamina. Majalah internal tersebut nantinya diberikan secara free kepada konsumen yang telah melakukan pembelian dengan jumlah tertentu sesuai dengan ketentuan dari pihak distributor itu sendiri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi pemasaran, kualitatif, metode penelitian deskriptif
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2012
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:35
Last Modified: 16 Nov 2016 07:35
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item View Item