PENGARUH VOLUME PENJUALAN TERHADAP PENINGKATAN LABA BERSIH PADA PT. AGRONESIA

Effendi, Muhammad (2004) PENGARUH VOLUME PENJUALAN TERHADAP PENINGKATAN LABA BERSIH PADA PT. AGRONESIA.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kegiatan penjualan adalah salah satu faktor penentu atas perolehan laba yang optimal. Karena laba akan timbul jika penjualan produk lebih besar dibandingkan dengan biaya-biaya yang dikeluarkan. Maka berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti masalah tersebut dengan melakukan penelitian di PT.Agronesia Bandung untuk menguji judul “Pengaruh Volume Penjualan Terhadap Peningkatan Laba Bersih Pada PT.Agronesia”. Untuk membantu dalam penyusunan skripsi ini peneliti menentukan identifikasi masalah, yaitu sebagai berikut : Bagaimana perkembangan volume penjualan dan laba bersih PT.Agronesia ?. Seberapa besar pengaruh volume penjualan terhadap peningkatan laba bersih PT.Agronesia ?. Adapun maksud dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : perkembangan volume penjualan dan laba bersih PT.Agronesia, dan besar pengaruh volume penjualan terhadap peningkatan laba bersih PT.Agronesia. Volume Penjualan adalah Jumlah penjualan yang berhasil dicapai atau ingin dicapai oleh suatu perusahaan pada periode tertentu. Sedangkan laba bersih adalah selisih lebih semua pendapatan dan keuntungan terhadap semua biaya dan kerugian. Dalam penelitian ini yang menjadi objek adalah laporan laba rugi PT.Agronesia dan metode yang digunakan adalah verifikatif dan deskriptif dan teknik pengumpulan data yang digunakan berdasarkan wawancara dan observasi. Adapun operasional variabelnya yaitu variabel X (volume penjualan) dan variabel Y (laba bersih). Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah laporan laba rugi tahun 2000 sampai dengan 2003. Alat uji yang digunakan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan yaitu Uji Korelasi Pearson. Dari hasil analisis perkembangan volume penjualan dan laba bersih PT.Agronesia tahun 2000 sampai dengan 2003 bahwa dengan semakin meningkatnya volume penjualan perusahaan ternyata membawa keuntungan yang sangat besar bagi perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari hasil laba bersih yang setiap tahunnya meningkat seiring dengan perubahan volume penjualan. Sedangkan dari hasil analisis perhitungan statistik bahwa koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,99 yang berarti hubungan antara volume penjualan dengan laba bersih adalah sangat erat dan positif atau bisa dikatakan mempunyai hubungan yang sempurna yaitu apabila volume penjualan naik maka laba bersih akan terdorong untuk naik juga. Sebaliknya apabila volume penjualan turun maka laba bersih akan terdorong untuk turun juga. Sedangkan untuk mengetahui besar keeratan pengaruh antara volume penjualan terhadap peningkatan laba bersih serta untuk diketahui besarnya pengaruh faktor-faktor lain yang mempengaruhi laba bersih, maka dilakukan dengan menghitung koefisien determinasi dengan tingkat signifikan 5% yaitu diperoleh sebesar 98% sedangkan sisanya sebesar 2% dipengaruhi oleh faktor lain selain dari volume penjualan. Dengan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa volume penjualan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan laba bersih.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2004
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:40
Last Modified: 16 Nov 2016 07:40
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/5220

Actions (login required)

View Item View Item