PENGARUH PRICE EARNINGS RATIO (PER) TERHADAP TINGKAT RETURN SAHAM PADA PT BANK NISP, Tbk PERIODE TAHUN 1999-2003

Mardiana, Tabita (2004) PENGARUH PRICE EARNINGS RATIO (PER) TERHADAP TINGKAT RETURN SAHAM PADA PT BANK NISP, Tbk PERIODE TAHUN 1999-2003.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Salah satu dasar penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Price Earnings Ratio (PER) terhadap tingkat return saham pada PT Bank NISP, Tbk periode tahun 1999-2003. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan Price Earnings Ratio (PER), untuk mengetahui perkembangan tingkat return saham dan mengetahui seberapa besar pengaruh Price Earnings Ratio (PER) terhadap tingkat return saham pada PT Bank NISP Tbk pada tahun 1999-2003. Dalam penelitian ini yang dijadikan sampel adalah laporan keuangan selama tahun 1999-2003. Penulis menggunakan aplikasi software Microsoft Excell 2000 dan Statistical Product and Service Solution (SPSS) 11.0 for Windows dalam menyelesaikan rumus-rumus yang diperlukan untuk menghitung Price Earnings Ratio (PER) dan tingkat return saham serta uji korelasi kedua variabel penelitian (variabel X dan Y). Pengujian hipotesis melalui uji dua pihak (two tail test) dan menggunakan metode analisis korelasi Pearson Product Moment dengan taraf signifikan (α) yang digunakan adalah 0,05. Hasil penelitian ini diantaranya adalah perkembangan Price Earnings Ratio (PER) selalu mengalami fluktuasi yang dipengaruhi oleh harga dan laba bersih per lembar saham (Earnings Per Share / EPS), sedangkan perkembangan tingkat return saham menunjukan adanya gain dan loss yang dialami oleh investor dikarenakan perubahan harga saham tersebut. Hasil korelasi menyatakan bahwa besarnya r adalah 0,803 dengan thitung sebesar 2,333 yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan sangat kuat antara Price Earnings Ratio (PER) dengan tingkat return saham. Dimana Price Earnings Ratio (PER) hanya mempengaruhi return saham sebesar 64,5% dan sisanya 35,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Hal ini memperkuat hasil penelitian yang dilakukan oleh Sanjoy Basu (1983) serta Utama dan Dewiyani (1999).

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2004
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:40
Last Modified: 16 Nov 2016 07:40
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/5231

Actions (login required)

View Item View Item