HUBUNGAN LAYANAN PURNA JUAL DENGAN KEPUASAN KONSUMEN ( STUDI KASUS PADA HANDPHONE MEREK NOKIA DI TRIKOMSEL ISTANA PLAZA BANDUNG ) TAHUN 2004

Nur Octavia, Fanny (2004) HUBUNGAN LAYANAN PURNA JUAL DENGAN KEPUASAN KONSUMEN ( STUDI KASUS PADA HANDPHONE MEREK NOKIA DI TRIKOMSEL ISTANA PLAZA BANDUNG ) TAHUN 2004.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dengan semakin ketatnya persaingan dilingkungan jasa, perusahaan dituntut untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Kepuasan konsumen merupakan salah satu asset yang bernilai bagi perusahaan. Disamping itu juga, saat ini masyarakat semakin kritis terhadap pelayanan hal ini disebabkan karena telah terjadi pergeseran yang semula hanya memenuhi kepuasan. Pada saat yang sama pemasaran sekarang dihadapkan pada kondisi masyarakat yang semakin makmur sehingga menuntut tawaran-tawaran yang lebih berkualitas, disisi lain masyarakat mengalami transisi historis yaitu sebagiannya telah atau sedang beralih menjadi masyarakat berbasis pengetahuan. Kemajuan sektor bisnis telah mendorong banyak pengusaha yang menanamkan modal atau mendirikan perusahaan yang bergerak dalam bidang komunikasi ini. Sehingga hal ini secara otomatis akan membuat persaingan bisnis bidang komunikasi ini semakin marak. Banyak faktor yang mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan komunikasi, seperti kebijakan pemerintah dan lain-lain. Namun disisi lain ada faktor-faktor yang berda dibawah kekuasaan perusahaan yang bisa dikendalikan dan membuat kelangsungan hidup perusahaan terjaga, seperti halnya yang dilakukan Trikomsel, yang mana untuk menjaga konsumen dari para pesainggnya , Trikomsel memberikan suatu fasilitas bagi konsumennya, yaitu dengan memberikan layanan purna jual. Layanan purna jual yang diberikan oleh Trikomsel meliputi : garansi purna jual, penyediaan accessories, layanan pemeliharaan, serta fasilitas pendukung layanan purna jual itu sendiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dan verifikatif yaitu untuk menguji sejauh mana hubungan antara layanan purna jual dengan kepuasan konsumen. Sedangkan jenis penelitian ini adalah metode survei yaitu metode penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dengan menggunakan kuesioner mengenai layanan purna jual terhadap kepuasan konsumen di Trikomsel Istana Plaza Bandung. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahkan pelaksanaan purna jual yang dilakukan oleh Trikomsel Istana Plaza Bandung mempunyai hubungan yang signifikan atau sangat kuat dengan kepuasan konsumen dengan koefisien sebesar 0. 895 % artinya baik buruknya pelaksanaan layanan purna jual yang dilakukan oleh Trikomsel Istana Plaza Bandung mempunyai hubungan yang sangat kuat dengan kepuasan konsumen.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2004
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:40
Last Modified: 16 Nov 2016 07:40
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/5289

Actions (login required)

View Item View Item