PENGARUH STRATEGI BERSAING TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENGAMBIL KREDIT PADA UNIT SIMPAN PINJAM SWAMITRA BANDUNG

Wikomara, Wikeu (2004) PENGARUH STRATEGI BERSAING TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MENGAMBIL KREDIT PADA UNIT SIMPAN PINJAM SWAMITRA BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam upaya mencapai tujuan perusahaan, di era yang hiper competitive ini, suatu usaha apapun bentuknya perlu mengkaji ulang berbagai segi terkait dalam strategi pemasarannya. Salah satu strategi yang dapat dilaksanakan adalah strategi bersaing. Penelitian ini dilaksanakan di Unit Usaha Simpan Pinjam Swamitra Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bersaing yang dilaksanakan oleh Unit Usaha Simpan Pinjam Swamitra, serta menguji pengaruh secara bersama maupun individual strategi bersaing terhadap keputusan konsumen untuk mengambil kredit di Unit Usaha Simapan Pinjam Swamitra Bandung. Populasi penelitian adalah konsumen Unit Usaha Simpan Pinjam Swamitra Bandung, dari bulan Juni sampai dengan Juli yang berjumlah 92 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Proses penarikan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling. Adapun ukuran sampel minimal adalah 48 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan mengadakan wawancara. Dalam penelitian ini analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bersaing yang terdiri dari strategi keunggulan biaya menyeluruh, strategi diferensiasi, dan strategi fokus yang dilaksanakan oleh Unit Usaha Simpan Pinjam Swamitra Bandung berdasarkan tanggapan responden masuk dalam klasifikasi baik. Sedangkan keputusan konsumen untuk mengambil kredit di Unit Usaha Simpan Pinjam Swamitra Bandung berdasarkan tanggapan responden berada dalam klasifikasi cukup, hal ini berarti strategi bersaing tersebut belum tersosialisasi secara sempurna pada segmen yang dituju. Strategi bersaing yang terdiri dari strategi keunggulan biaya menyeluruh, strategi diferensiasi, dan strategi fokus secara bersama berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk mengambil kredit, dengan besarnya pengaruh adalah 45,3%. Dengan demikian terdapat pengaruh variabel luar sebesar 55,7%. Adapun secara individual strategi keunggulan biaya menyeluruh berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen untuk mengambil kredit, sedangkan strategi diferensiasi dan fokus secara individual tidak berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk mengambil kredit Unit Usaha Simpan Pinjam Swamitra Bandung.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2004
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:40
Last Modified: 16 Nov 2016 07:40
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/5290

Actions (login required)

View Item View Item