Media Pembelajaran Gerakan Shalat Dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Bagi Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus: SDN Tangsil Kulon 2)

Arief Ahmadi, Re (2017) Media Pembelajaran Gerakan Shalat Dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Bagi Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus: SDN Tangsil Kulon 2).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kehidupan tidak terlepas dari hubungan antara manusia dengan Tuhan-Nya, salah satunya cara beribadah yaitu shalat sebagai rukun islam yang ke-2. Shalat merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan bagi setiap umat Islam mulai dari baligh dan berakal, dengan mengenalkan gerakan-gerakan dasar shalat. Dikarenakan pengaruh budaya asing yang sangat pesat masuk kedalam pemikiran anak-anak, maka materi tentang shalat sangat dianjurkan dalam era globalisasi. Namun pada kenyataannya siswa Sekolah Dasar di beberapa daerah di Bondowoso masih susah menerapkan metode pembelajaran yang sesuai agar proses pembelajaran tentang shalat ini dapat diterima dengan baik. Permasalahan yang ada saat ini, media yang digunakan masih bersifat konvensional. Siswa hanya bisa mendengarkan penjelasan dari guru saja. Hal tersebut terkadang membuat siswa merasa bosan dan malas untuk belajar karena tidak adanya interaksi yang memberikan peran aktif kepada siswanya. Untuk itu akan dirancang sebuah aplikasi dengan metode Luther. karena sesuai dengan alur pengerjaan pembuatan aplikasi dari mulai pembuatan konsep sampai distribusi atau evaluasi. Media pembelajaran ini menggunakan buku pembelajaran bergambar (yang dijadikan marker untuk dipindai oleh smartphone, menjadi animasi 3 dimensi, 3D). Gambar tersebut dibentuk dengan gambar anak-anak yang interaktif sehingga membuat anak-anak tertarik untuk belajar tentang gerakan shalat. Berdasarkan hasil pengujian berupa perhitungan keusioner dengan 7 pertanyaan yang telah dilakukan kepada 20 siswa SD dan 5 guru SD dapat disimpulkan bahwa aplikasi gerakan shalat berbasis augmented reality berada pada kategori 93,5% dari 20 siswa SD sangat setuju dengan aplikasi Augmented Reality ini dan 94 % dari 5 guru SD menyatakan sangat setuju dengan aplikasi Augmented Reality ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, shalat, marker, android
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/52980

Actions (login required)

View Item View Item