PENGARUH PENGELOLAAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUASAN PEDAGANG ECERAN PADA PT. PIKIRAN RAKYAT BANDUNG (Survey Pada Pedagang Eceran di Wilayah Coblong Bandung)

Susilawati, Dewi (2004) PENGARUH PENGELOLAAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP KEPUASAN PEDAGANG ECERAN PADA PT. PIKIRAN RAKYAT BANDUNG (Survey Pada Pedagang Eceran di Wilayah Coblong Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan dan persaingan media cetak seperti surat kabar menjadi perhatian masyarakat luas. Dalam hal ini dapat dilihat dari banyaknya surat kabar yang ada. Salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia informasi adalah PT. Pikiran Rakyat Bandung. Untuk dapat mencapai tujuan perusahaan yaitu menyediakan informasi yang akurat kepada masyarakat luas, PT. Pikiran Rakyat Bandung perlu memperluas saluran distribusinya. Peranan dari saluran distribusi telah mendorong PT. Pikiran Rakyat untuk mengelola saluran distribusinya dengan baik. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kepuasan pedagang eceran yaitu dengan cara menyeleksi, memotivasi, dan mengevaluasi sehingga dari pengelolaan tersebut diharapkan adanya kepuasan pedagang eceran. Untuk mengetahui sejauh mana pengelolaan saluran distribusi dapat memuaskan pedagang eceran maka diperlukan suatu pengukuran mengenai pengelolaan saluran distribusi. Pengukuran dilakukan berupa survey untuk mengukur kepuasan pedagang eceran PT. Pikiran Rakyat Bandung. Dari hasil survey dapat diketahui tanggapan pedagang eceran dan unsur pengelolaan saluran distribusi yang mempengaruhi kepuasan pedagang eceran. Dalam Penelitian ini penulis menggunakan rumus rank spearman untuk mengetahui hubungan variabel indepent (pengelolaan saluran distribusi) dengan variabel dependent (kepuasan pedagang eceran). Dari hasil penelitian menunjukan r = 0,254 hasil koefisien korelasi tersebut menunjukan adanya hubungan yang kuat antara pengelolaan saluran distribusi dengan kepuasan pedagang eceran. Sedangkan untuk mengetahui signifikan atau tidaknya korelasi maka digunakan statistik uji t. Dari statistik hasil uji t dapat diketahui bahwa nilai = 1,97 dan = 1,6736. Sehingga dengan demikian ditolak dan diterima. Yang berarti ada hubungan positif yang signifikan antara pengelolaan saluran distribusi dengan kepuasan pedagang eceran. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan pada Bab I bahwa pengelolaan saluran distribusi berpengaruh secara “signifikan” terhadap kepuasan pedagang eceran pada PT. Pikiran Rakyat Bandung. Adapun besarnya kd = 6,45 % dengan demikian besarnya pengaruh pengelolaan saluran distribusi terhadap kepuasan pedagang eceran PT. Pikiran Rakyat sebesar 6,45 % dan sisanya sebesar 93,55 % lainnya dipengaruh oleh faktor lainnya. Dari hasil penelitian ini dapat pula diketahui harapan konsumen yang belum terpenuhi sehingga dapat disusun langkah–langkah perbaikan yang dapat meningkatkan pengelolaan saluran distribusi di PT. Pikiran Rakyat Bandung.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2004
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:40
Last Modified: 16 Nov 2016 07:40
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/5307

Actions (login required)

View Item View Item