Perancangan Database Management System Persediaan Bahan Baku Pada PT Bio Farma (Persero) Dengan Menggunakan SQL Server 2000 dan Software Visual Basic 6.0

Mutolib M K, Abdul (2010) Perancangan Database Management System Persediaan Bahan Baku Pada PT Bio Farma (Persero) Dengan Menggunakan SQL Server 2000 dan Software Visual Basic 6.0.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT Bio Farma (Persero) adalah perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang manufaktur. Pada bagian pengelolaan persediaan yang penulis teliti sudah ada komputer tetapi belum semua persediaan bahan baku terkomputerisasi, maka penulis merancang DBMS Persediaan Bahan Baku pada PT Bio Farma (Persero) dengan menggunakan software Visual Basic 6.0. Model yang dipergunakan oleh penulis untuk merancang DBMS Persediaan Bahan Baku pada PT Bio Farma (Persero) adalah bagan alir (Flowchart), Entity Relationship Diagram (ERD), dan normalisasi. Penulis menggunakan jenis penelitian akademik. Data penelitian yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Data diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan metode eksperimen dan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan cara studi lapangan dan studi kepustakaan melalui metodologi pengembangan sistem yang berorientasi data, proses, dan keluaran. Penulis menggunakan penerapan tahapan pengembangan sistem informasi Iterasi dengan menggunakan metode pencatatan persediaan perpetual, metode penilaian persediaan FIFO (First In First Out), metode pencatatan akuntansi menggunakan Accrual Basic, dan kartu persediaan sebagai laporan pendukung. Hasil rancangan DBMS yang penulis buat agar membuat PT Bio Farma (Persero) menjadi terkomputerisasi dengan baik sehinggga tidak terjadi human error dan output yang dihasilkan akurat, relevan dan tepat waktu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Desain, Sistem Manajemen Basis Data, Persediaan Bahan baku
Subjects: ?? UNIK ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53087

Actions (login required)

View Item View Item