PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP TINGKAT LOYALITAS NASABAH PADA BANK BNI SYARIAH CABANG BANDUNG

Komara, Awan (2004) PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP TINGKAT LOYALITAS NASABAH PADA BANK BNI SYARIAH CABANG BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Bank BNI Syariah merupakan salah satu bank yang menggunakan sistem syariah dan selalu berupaya meningkatkan loyalitas kepada nasabahnya. Salah satu upaya dalam meningkatkan loyalitas ini adalah melalui relationship marketing. Relationship marketing merupakan suatu strategi dalam rangka membina hubungan jangka panjang dengan nasabah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pelaksanaan relationship marketing di Bank BNI Syariah Cabang Bandung; (2) tingkat loyalitas nasabah di Bank BNI Syariah Cabang Bandung; (3) pengaruh relationship marketing terhadap tingkat loyalitas nasabah baik secara simultan maupun parsial pada Bank BNI Syariah Cabang Bandung. Penelitian ini bersifat deskriptif dan verifikatif, dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode descriptive survey dan explanatory survey. Sedangkan teknik penarikan sampelnya adalah sample random sampling dan metode analisisnya menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa relationship marketing terbukti mempengaruhi loyalitas nasabah pada bank BNI Syariah Cabang Bandung. Hasil ini ditunjukan oleh uji statistik bahwa relationship marketing berpengaruh secara signifikan. Besarnya pengaruh secara simultan variabel relationship marketing yang meliputi sub variabel people, knowledge and insight, process, dan technology pada Bank BNI Syariah Cabang Bandung adalah sebesar 60,85 %. Sedangkan secara parsial People berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada Bank BNI Syariah sebesar 20,61%. Knowledge and insight berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada Bank BNI Syariah sebesar 29,74%. Process berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada Bank BNI Syariah sebesar 30,53% dan technology berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada Bank BNI Syariah sebesar 17,68%.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2004
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:40
Last Modified: 16 Nov 2016 07:40
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/5315

Actions (login required)

View Item View Item