Korelasi Antar Mata Pelajaran Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di Jurusan Desain Komunikasi Visual SMKN 14 Bandung Dengan Profesi Di Dunia Kerja Sebagai Tim Kerja Desain Grafis (Studi Kasus Tahun Ajaran 2009/2010)

Siti Artiana, Annisa (2017) Korelasi Antar Mata Pelajaran Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di Jurusan Desain Komunikasi Visual SMKN 14 Bandung Dengan Profesi Di Dunia Kerja Sebagai Tim Kerja Desain Grafis (Studi Kasus Tahun Ajaran 2009/2010). Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenjang pendidikan yang mempersiapkan peserta didik menjadi tenaga kerja muda menengah sesuai dengan bidang dan kompetensi yang dimiliki dan dikuasai. SMK Negeri 14 Bandung merupakan sekolah kejuruan yang dikenal memiliki jurusan atau program keahlian di bidang seni yang mencakup seni kriya, seni rupa, multimedia, dan teknik bodi otomotif. Pada program studi seni rupa terdapat jurusan desain komunikasi visual. Jurusan ini termasuk jurusan dengan bidang pekerjaan yang luas, oleh sebab itu peminat untuk jurusan ini cukup banyak. Penelitian ini dimaksudkan untuk mencari tahu korelasi dari mata pelajaran yang diberikan pada kurikulum KTSP dengan kesesuaian bidang pekerjaan sebagai bagian dari tim desain grafis di dunia kerja. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta menjelaskan bahasan penelitian secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik cukup mampu membuat hasil desain sesuai dengan ketentuan pada silabus kurikulum KTSP. Mata pelajaran yang diberikan pun sudah cukup untuk bekal peserta didik untuk bekerja sebagai bagian dari tim kerja desain grafis sesuai dengan bidang kerja pada desain grafis yang beragam. Kesimpulan dari keseluruhan penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik di smkn 14 bandung dipersiapkan dan dibekali dengan keahlian dasar desain untuk dapat menjadi tenaga kerja siap latih di dunia kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: SMKN 14 Bandung, Desain Komunikasi Visual, KTSP, Profesi Desain Grafis
Subjects: ?? UNIK1472 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53260

Actions (login required)

View Item View Item