Kajian Efektivitas Visual Pada Ilustrasi Buku Cerita Bergambar Islam Terhadap Interprestasi Abak Usia 10-11 Tahun Di SDIT Al-Amanah Lembang (Studi Kasus: Ilustrasi Darii Penerbit Perisai Quran Qids)

Ima Amalliyah, Mela (2017) Kajian Efektivitas Visual Pada Ilustrasi Buku Cerita Bergambar Islam Terhadap Interprestasi Abak Usia 10-11 Tahun Di SDIT Al-Amanah Lembang (Studi Kasus: Ilustrasi Darii Penerbit Perisai Quran Qids).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Ilustrasi pada buku cerita bergambar bertemakan islam yang di dalamnya terkandung komitmen spritualitas menghasilkan cara penggambaran dengan gaya visual berbeda berdasarkan pandangan subjektif. Dimana salah satu fenomena konsep gaya penggambaran berdasarkan komitmen spiritualitas tersebut adalah dengan cara menggambar figur mahluk bernyawa dengan ciri ketidak utuhan dan ketidak rincian. Ilustrasi yang diusung oleh penerbit Perisai Quran Qids, menyuguhkan penggambaran bentuk karakter sepetti manusia dan hewan dengan cara penggambaran naturalis stilasi dan memiliki ciri khusus dengan menggunakan siluet dan menghilangkan rinci pada area wajahnya. Konsep penggambaran karakter visual dengan ciri ketidak utuhan dan ketidak rincian memberikan efek timbal balik berupa jarak, yakni pesan yang disampaikan di dalam ilustrasi cenderung mengalami gangguan dalam proses pemaham anak, terutama dalam mengidentifikasi gender, watak, status sosial dan relasi sosial. Dalam mengusung konsep penggambaran karakter figur mahluk bernyawa dengan ciri ketidak utuhan dan ketidak rincian aspek yang perlu diperhatikan diantaranya adalah aspek visual dan aspek budaya. Dimana kedua aspek tersebut berpengaruh terhadap interpretasi anak dalam mengidentifikasi dan memahami pesan ilustrasi yang ingin disampaikan agar tidak bias dan efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Ilustrasi, Gaya, Interpretasi
Subjects: S2 Thesis > Magister Desain > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53265

Actions (login required)

View Item View Item