Kajian Visual Media Gambar Yang Digunakan Untuk Pembelajaran SLB Tunarungu (Studi Kasus: SLB Negeri Surade Tahun 2016-2017)

Pamungkas, Dede (2017) Kajian Visual Media Gambar Yang Digunakan Untuk Pembelajaran SLB Tunarungu (Studi Kasus: SLB Negeri Surade Tahun 2016-2017).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Anak tunarungu memiliki keterbatasan dalam mendenganr dan berbicara, sehingga mereka hanya mengandalkan kemampuan visualnya dalam berinteraksi dan menangkap pengetahuan, media gambar merupakan sebuah alternativ dalam mengoptimalkan potensi visual yang dimiliki siswa-siswa tunarungu. Akan tetapi dalam penggunaan media gambar tersebut masih terdapat beberapa hal yang sering terlupakan oleh pengajar mengenai kajian visualnya. Hal ini mengakibatkan proses belajar mengajar dengan media gambar berjalan kurang optimal. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kajian visual penggunaan media gambar terhadap tercapainya tujuan pembelajaran anak tunarungu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mixed methods dengan desain penelitian sequential exploratory, yaitu mengumpulkan dan menganalisis data kualitatif kemudian mengumpulkan dan menganalisis data kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakannya adalah observasi, wawancara, studi dokumentasi dan eksperiment, dengan menggunakan teknik pengumpulan data tersebut maka akan diketahui hasil yang lebih akurat. Penelitian ini menggunakan populasi siswa-siswi SLB Negeri Surade kab. Sukabumi Provinsi Jawa Barat. Sedangkan sample penelitiannya adalah kelas 4 SD Tunarungu SLBN Surade. Instrument yang digunakan adalah instrument tes dan non tes, instrument tes berupa soal pretes dan postest pada proses eksperimen. Kajian visual penggunaan media gambar pada pembelajaran anak tunarungu yaitu mengenai jenis gambar yang tepat dalam pembelajaran anak tunarungu SLB adalah gambar berjenis gambar anak, sedangkan ukuran optimal penggunaan media gambar adalah berkisar pada ukuran (210 x 297 mm) kurang lebih seukuran kertas A4, jika jumlah peserta didik kurang dari 10 orang, Sedangkan jika jumlah peserta didik mencapai lebih dari 10 orang maka ukuran gambar yang optimalnya berkisar pada ukuran 594 x 841 mm. Selain itu, desain kelas (tata kelola kelas) yang tepat untuk digunakan pembelajaran dengan media gambar adalah desain berbentuk huruf U, adapun cara guru menyampaikan materi dengan media gambar adalah melalui langkah persiapan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Dari ke empat Kajian visual penggunaan media gambar tersebut dapaat disimpulkan bahwa kajian visual dapat meningkatkan pada pencapaian tujuan pembelajaran yang diharapkan. Kata kunci: kajian visual gambar, media gambar, media pembelajaran SLB.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kajian visual gambar, media gambar, media pembelajaran SLB.
Subjects: S2 Thesis > Magister Desain > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53267

Actions (login required)

View Item View Item