Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Sekolah Menggunakan Metode Enterprise Unified Process (EUP) (Studi Kasus: SMA Nugraha Bandung)

Novianty, Resti (2017) Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Sekolah Menggunakan Metode Enterprise Unified Process (EUP) (Studi Kasus: SMA Nugraha Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Informasi sudah semakin mudah diperoleh dan bervariasi bentuknya. Penggunaan teknologi tidak hanya sebagai proses akses informasi tetapi juga menciptakan kelengkapan sebuah sistem yang terintegrasi. Peranan Teknologi Informasi pada bidang pendidikan memiliki potensi besar untuk mentransformasikan seluruh aspek di dalam pendidikan dan memanfaatkannya untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran. SMA Nugraha Bandung dipilih sebagai studi kasus pada penelitian ini. SMA Nugraha Bandung adalah salah satu sekolah swasta yang dibentuk oleh Yayasan Esa Nugraha Bhakti Bandung yang didirikan sejak Oktober 1980. SMA Nugraha Bandung merupakan sekolah yang belum memiliki infrastruktur sistem informasi sekolah. Pengelolaan data-data sekolah yang dikerjakan mengalami kesulitan. Aplikasi yang digunakan untuk pengelolaan data masih belum memenuhi kebutuhan tiap unit kerja, sehingga data-data yang dikelola dibiarkan menumpuk dan tidak tertata. Pada permasalahan diatas, maka akan dirancang sebuah arsitektur sistem informasi sekolah menggunakan metode Enterprise Unified Process (EUP). Lima disiplin metode EUP akan digunakan pada penelitian ini, diantaranya Enterprise Business Modelling, Portfolio Management, Enterprise Architecture, Strategy Reuse dan People Management. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis proses bisnis yang sedang berjalan di SMA Nugraha Bandung dan membuat blueprint rancangan arsitektur sistem informasi untuk dijadikan acuan pembangunan sistem informasi di SMA Nugraha Bandung. Hasil dari penelitian ini yaitu SMA Nugraha Bandung mempunyai 8 proses bisnis yang sedang berjalan. Dengan penggunaan 5 disiplin metode EUP dihasilkan blueprint sistem informasi yang terdiri dari 7 sistem informasi yang diusulkan, 29 fungsi bisnis, 42 entitas data dan 29 kandidat aplikasi. Perancangan arsitektur berupa blueprint tersebut dapat dijadikan acuan pembangunan arsitektur sistem informasi sekolah di SMA Nugraha Bandung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Arsitektur, Enterprise, Informasi, Sistem Informasi
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53283

Actions (login required)

View Item View Item