Analisis User Experience Untuk Perancangan Antarmuka Mobile Learning Menggunakan Metode Kansei Engineering

Novi Asrika, Dwikeu (2017) Analisis User Experience Untuk Perancangan Antarmuka Mobile Learning Menggunakan Metode Kansei Engineering. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Mobile learning merupakan sistem pembelajaran yang memanfaatkan teknologi informasi sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja selama terhubung dengan internet melalui tablet atau smartphone. Desain tampilan merupakan salah satu aspek penting dalam suatu aplikasi agar pengguna merasa nyaman dalam menggunakan aplikasi tersebut. Untuk mencapai kepuasan pengguna maka perlu dilakukan analisis pengalaman pengguna (user experience) dari segi emosi dalam merancang antarmuka mobile learning. Penelitian ini menerapkan metode Kansei Engineering. Metode Kansei Engineering dapat menganalisis emosi atau perasaan pengguna dalam merancang antarmuka suatu aplikasi hingga didapatkan antarmuka yang sesuai dengan emosi pengguna. Metodologi yang digunakan adalah metodologi Kansei Engineering (KEPack) yang di dalamnya terdapat tahapan proses penelitian sampai menghasilkan suatu usulan produk yang berdasarkan emosi pengguna. Proses penelitian ini menggunakan 15 emosi (Kansei Word) dan 5 sampel mobile learning (spesimen). Kansei Word dipilih dari kata-kata yang berhubungan dengan tampilan mobile learning. sedangkan spesimen dipilih dari hasil sistem pendukung keputusan menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). Penelitian ini melibatkan 100 partisipan SMA Nugraha Bandung. Pengolahan hasil kuesioner menggunakan analisis statistik multivariat yaitu Principal Component Analysis (PCA), Factor Analysis (FA) dan Partial Least Square (PLS). Penelitian ini menunjukkan terdapat dua faktor utama yang berpengaruh dalam merancang antarmuka mobile learning di antaranya adalah: ��dinamis�� dan ��sederhana��. Kedua faktor utama tersebut akan dijadikan acuan dalam perancangan antarmuka mobile learning berupa matriks usulan tampilan mobile learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mobile learning, Kansei Engineering, Emosi Pengguna, Perancangan.
Subjects: ?? UNIK1473 ??
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53288

Actions (login required)

View Item View Item