Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Perizinan Menggunakan Zachman Framework Pada Dinas Penanaman Modal Dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Cimahi

Amalia, Dien (2017) Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Perizinan Menggunakan Zachman Framework Pada Dinas Penanaman Modal Dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Cimahi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penggunaan teknologi informasi bermanfaat dalam mengolah data termasuk memproses data untuk menghasilkan informasi yang berkualitas. Namun menggunakan teknologi informasi tidak hanya menghasilkan informasi yang berkualiatas tetapi harus tepat sasaran yang sesuai dengan strategi organisasi. DPMPTSP memiliki visi misi dalam pengembangan sistem informasi untuk meningkatkan pelayanan publik. Sistem yang saat ini belum mendukung dalam pencapaian visi misi tersebut. Oleh karena itu untuk mewujudkan visi misi dibutuhkan perencaan dalam membangun sistem yang baik. Beberapa kesulitan yang dialami DPMPTSP adalah belum terintegrasinya modul dalam perizinanan dengan dinas atau kantor yang berhubungan dengan izin Untuk mendefinisikan suatu organisasi dengan cara formal dan terstruktur dibutuhkan sebuah framework. Zachman framework merupakan metode untuk menganalisis, mendefinisikan dan merancang arsitektur informasi organisasi yang sangat terstruktur untuk melihat dan mendefinisikan suatu organisasi. Penggunaan Zachman Framework bertujuan utnuk dokumen-dokumen enterprise arsitektur mudah dimengerti, dikelola dan dimanfaatkan Berdasarkan hasil yang telah di analisis dalam aplikasi DPMPTSP ada penambahan modul-modul yang mendukung yaitu : modul retribusi, modul koordinasi tim teknis, modul yang diperuntukan kepala dinas DPMPTSP, modul pengarsipan dan modul pencabutan izin. Serta 5 aplikasi baru dalam pengembangan sistem informasi perizinan DPMPTSP.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Zachman Framework, perancangan arsitektur, perizinan
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53293

Actions (login required)

View Item View Item