Analisis User Experience Untuk Otimasi Antarmuka Aplikasi Mobile OTA (Online Travel Agent) Berdasarkan Kansei Engineering

Hidayat, Taupik (2017) Analisis User Experience Untuk Otimasi Antarmuka Aplikasi Mobile OTA (Online Travel Agent) Berdasarkan Kansei Engineering.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Online Travel Agent (OTA) pada dasarnya memiliki lingkup bisnis selayaknya agen travel konvensional yang selama ini ada. OTA memanfaatkan layanan digital dimana transaksi pencarian informasi, pemesanan, dan pembayaran semuanya terjadi di dunia maya. Melihat kebutuhan pengguna yang saat ini lebih cenderung menggunakan teknologi mobile, m-Travel (Mobile Online Travel Agent) merupakan pengembangan dari Online Travel Agent yang biasa digunakan melalui website karena mobilitasnya yang menjadi nilai tambah bagi pengguna. Interaksi aplikasi mobile dengan pengguna sangat dipengaruhi oleh antarmuka aplikasi itu sendiri. User experience merupakan interaksi pengguna dengan sebuah produk meliputi pengaruh kegunaan, dampak emosional selama interaksi serta memori yang dapat dinikmati setelah interaksi. Hal tersebut menunjukan pentingnya membangun user experience yang baik. Penelitian ini mencoba menerapkan metode Kansei Engineering Type 1 KEPack untuk mengoptimasikan sebuah tampilan aplikasi mobile yang sesuai dengan konsep emosi pengguna. Penelitian ini menggunakan Kansei Word untuk mendeteksi perasaan pengguna. Daftar Kansei Word yang digunakan sebanyak 15 kata dipilih dari katakata yang berhubungan dengan tampilan aplikasi m-travel. Spesimen m-Travel yang digunakan sebagai referensi desain sebanyak 5 spesimen yang dipilih menggunakan metode Analytical Hierachy Process. Penelitian ini melibatkan 50 partisipan mahasiswa dan mahasiswi di kota Bandung. Hasil kuesioner dari partisipan kemudian diolah dengan menggunakan analisis statistik multivariat yakni Cronbach��s Alpha, Coefficient Correlation Analysis, Principal Component Analysis, Factor Analysis dan analisis Partial Least Square. Penelitian ini menghasilkan tiga rekomendasi desain tampilan Online Travel Agent (OTA). Rekomendasi ini merupakan hasil dari proses Kansei Engineering yang bersumber dari 3 kelompok data responden, yaitu kelompok responden mahasiswa, responden mahasiswi dan data seluruh responden. Interface dari spesimen yang mendekati produk kansei adalah Mr. Aladin dan Traveloka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kansei Engineering, User Experience, Interface, Statistik Multivariat.
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53305

Actions (login required)

View Item View Item