Peningkatan Akurasi Rekomendasi Menggunakan Metode Content-Based Apriori Dan Collaborative-Filtering Apriori

Prabowo, Toni (2017) Peningkatan Akurasi Rekomendasi Menggunakan Metode Content-Based Apriori Dan Collaborative-Filtering Apriori.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Data mining adalah suatu metode pengolahan data yang digunakan untuk menemukan pola yang tersembunyi dari data yang akan diolah. Di dalam data mining terdapat beberapa salah satunya adalah association rule. Assosiacion sendiri merupakan metode data mining yang digunakan untuk menemukan aturan assosiatif antara suatu kombinasi item, salah satu algoritma yang terdapat dalam association adalah algoritma apriori. Algoritma Apriori merupakan algoritma yang umum digunakan dalam association rule karena penggunaannya yang mudah, akan tetapi association rule khususnya algoritma apriori memiliki kekurangan pada proses yang berulang-ulang sehingga menjadikan proses untuk mendapatkan hasil membutuhkan waktu lama, sehingga tidak dapat digunakan untuk kebutuhan yang cepat. Dalam hal ini algoritma apriori akan digunakan untuk menghasilkan pola assosiatif barang yang selanjutnya akan diproses oleh algoritma content-based dan collaborative filtering, sehingga hal ini akan menghasilkan rekomendasi dengan cepat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Association Rule, Apriori, Data mining, Recommender System, Content-Based, Collaborative Filtering.
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53313

Actions (login required)

View Item View Item