Perancangan Strategi Bisnis Dan SI/IT Perusahaan (Studi Kasus CV. RC)

Mahenda Putra, Agit (2017) Perancangan Strategi Bisnis Dan SI/IT Perusahaan (Studi Kasus CV. RC).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perkembangan dunia bisnis pada era saat ini semakin berkembang hampir di setiap negara yang ada di dunia dan tidak terkecuali untuk kawasan Asean dan juga negara Indonesia. MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean yang menjadi salah satu faktor penyebab berkembangnya bisnis. Namun yang perlu diperhatikan adalah disamping dapat secara langsung memperluas jaringan bisnis para pelaku bisnis namun berdampak pula semakin ketatnya persaingan yang terjadi karena cakupan bisnis yang meluas. Diperlukan berbagai strategi dalam menjalankan bisnis agar dapat terus bertahan dan berkembang salah satunya dengan melakukan perencanaan strategi bisnis dan pengambilan keputusan bisnis yang memiliki dasar sebagai parameter. Penentuan parameter yang digunakan pun dapat berasal dari kebutuhan, tujuan, maupun visi dan misi perusahaan. Pada penelitian ini, dilakukan langkah-langkah secara terencana dan sistematis, hal ini berguna agar dapat mempermudah proses dalam pengerjaan penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tindakan karena tujuan dari penelitian ini agar dapat memperoleh metode kerja yang efektif dan efisian dalam menentukan kebijakan dalam perusahaan dalam bentuk rekomendasi dari strategi bisnis. Alur penelitian ini mengacu menggunakan Business Model Canvas (BMC), Analisis Porter��s Five Forces Model, analisis SWOT, dan analisis McFarlan Strategic Grid. Identifikasi awal pada CV. RC menggunakan BMC agar dapatmembantu dalam perencanaan dari sisi strategi bisnis serta ditunjang hasilnya dengan menggunakan analisis Porter��s Five Forces Model, dan analisis SWOT. Kemudian analisis McFarlan Strategic Grid bergungsi untuk merencanakan SI/IT dengan cara memetakan lingkungan aplikasi SI/IT. Hasil dari penelitian ini berbentuk poin-poin rekomendasi dari strategi bisnis dan strategi SI.IT yang berguna untuk membantu dalam pengambilan keputusan strategi di masa yang akan datang bagi CV. RC. Hasil dari tahap rencana implementasi ini berupa portopolio aplikasi straegi bisnis dan strategi SI/IT terkait dengan langkah yang akan dilakukan berdasarkan dengan visi dan misi perusahaan, skala prioritas, rencana investasi bisnis, kebutuhan akan SI/IT di masa depan bagi perusahaan CV/ RC.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi Bisnis, Strategi SI/IT, Perancangan Strategi Bisnis dan SI/IT.
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53324

Actions (login required)

View Item View Item