Seminar nasional peran pustakawan dalam perkembangan open access di Indonesia dan workshop pengelolaan jurnal elektronik bereputasi.

Anugerah, Taufik and Sos, S (2017) Seminar nasional peran pustakawan dalam perkembangan open access di Indonesia dan workshop pengelolaan jurnal elektronik bereputasi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Keberadaan jurnal ilmiah di suatu perguruan tinggi merupakan suatu kebutuhan dan keharusan bagi perguruan tinggi tersebut. Keberadaannya akan meningkatkan mutu pendidikan perguruan tinggi tersebut. Semakin banyak jurnal yang ada di repository suatu perguruan tinggi maka akan semakin menaikkan mutu dan peringkat perguruan tinggi tersebut. Apalagi jika jurnal-jurnal tersebut sudah dapat diakses oleh pihak-pihak luar wilayah dari perguruan tinggi tersebut. Untuk mengelola jurnal tersebut tentunya diperlukan pustakawan yang mampu menguasai dan memproses jurnal-jurnal tersebut karena sampai saat ini sebagian besar jurnal yang ada di perguruan tinggi, khususnya di Indonesia, masih berupa terbitan fisik, belum disalin ke dalam bentuk digital. Padahal, proses digitalisasi sangat penting untuk para akademisi dan pustakawan untuk dapat mengakses jurnal tersebut secara mudah. Tahapan selanjutnya setelah jurnal tersebut diolah dalam bentuk digital adalah bagaimana supaya jurnal tersebut dapat diakses secara umum bagi yang memerlukannya. Dari sinilah kemudian muncul istilah open access (akses terbuka) serta closed access (akses tertutup). Namun tentunya yang dapat diakses di sini bukan hanya berupa jurnal, melainkan juga bentuk terbitan dan literature yang lain, contoh: skripsi, tesis, majalah dan buku.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Scopus, jurnal bereputasi
Subjects: Prosiding
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53327

Actions (login required)

View Item View Item