Pengaruh Kredit Bermasalah Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tingkat Pengembalian Asset Pada Bank BUMN Yang Terdaftar Di BEI Periode 2011-2014

Elvinda, Asima (2017) Pengaruh Kredit Bermasalah Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tingkat Pengembalian Asset Pada Bank BUMN Yang Terdaftar Di BEI Periode 2011-2014.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kredit Bermasalah dan Ukuran Perusahaan terhadap Tingkat Pengembalian asset pada bank BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014. Objek dalam penekitian ini adalah Kredit Bermasalah (NPL), Ukuran Perusahaan (Firmsize), dan Tingkat Pengembalian Asset (ROA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan perusahaan perbankan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2014. Pengujian statistik yang digunakan adalah pengujian uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien korelasi, determinasi serta pengujian hipotesis. Perolehan hasil analisis tersebut diolah dengan menggunakan software SPSS. Kredit bermasalah mengalami penurunan, hal ini menunjukan perbaikan karena bank BUMN berusaha mengendalikan jumlah penyaluran kredit.Ukuran perusahaan mengalami peningkatan yang dipengaruhi keuntungan saham berkapitalisasi besar dan harga saham yang juga mengalami peningkatan dan didukung pertumbuhan kinerja keuangan dan fokus bisnis yang dilakukan oleh bank BUMN. Tingkat pengembalian asset mengalami fluktuasi yang tidak terlalu ekstrim dan perubahannya hanya sedikit dapat dilihat bahwa bank BUMN harus lebih efektif dalam memanfaatkan aset yang dimiliki untuk menghasilkan laba. Hasil penelitian secara parsial menunjukan bahwa Kredit Bermasalah berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Tingkat Pengembalian Asset sedangkan Ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat pengembalian asset pada bank BUMN yang terdaftar di BursaEfek Indonesia periode 2011-2014.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kredit Bermasalah, Ukuran Perusahaan, Tingkat Pengembalian Asset
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53335

Actions (login required)

View Item View Item