Pembangunan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Client Server Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di SMPN 11 Cimahi

Desiani, Afinka (2017) Pembangunan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Client Server Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di SMPN 11 Cimahi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Proses pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMPN 11 Cimahi yang masih menggunakan metode ceramah dan praktek memiliki beberapa kendala. Berdasarkan wawancara dengan guru mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang mengajar di kelas VII yaitu Ibu Ulfah Halimatus Sadi��ah, kendala tersebut diantaranya siswa seringkali terlihat jenuh saat diberi tugas untuk membaca materi yang terdapat dibuku paket. Adapun kendala yang dialami dari siswa ketika belajar TIK diantaranya mereka kurang dapat memahami kalimat-kalimat yang terdapat dibuku paket TIK karena kalimat yang dijabarkan panjang sehingga malas untuk dibaca. Ketika pelajaran praktek berlangsung, banyak siswa yang masih bingung ketika harus mempraktekan materi yang telah disampaikan di kelas, sehingga guru sering mengulang-ngulang materi. Pembangunan aplikasi multimedia pembelajaran interaktif ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar TIK serta sebagai media belajar tambahan selain dari buku paket. Pada aplikasi yang dibangun, terdapat beberapa fitur diantaranya ringkasan materi TIK Kelas VII yang terdiri dari 9 bab, soal-soal evaluasi, simulasi menyalakan komputer, simulasi mematikan komputer, simulasi mengenal komponen motherboard, simulasi mengenal menu microsoft word serta permainan edukasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa dengan adanya aplikasi multimedia pembelajaran interaktif TIK sebagai media pembelajaran tambahan selain dari buku paket dapat mempermudah kegiatan pembelajaran TIK jika dibandingkan guru yang harus terus menerus menyampaikan materi dengan metode ceramah. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan pada data pretest serta posttest, telah terjadi peningkatan pemahaman siswa ketika pembelajaran dibantu dengan menggunakan aplikasi multimedia pembelajaran interaktif TIK.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Pembelajaran Interaktif, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Client-Server, SMPN 11 Cimahi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53351

Actions (login required)

View Item View Item