Sistem Informasi Manajemen Inventori Pada Departemen Logistik Di PT. Pacificm Eastern Coconut Utama

Nuriany Agustina, Fuji (2017) Sistem Informasi Manajemen Inventori Pada Departemen Logistik Di PT. Pacificm Eastern Coconut Utama.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Pacific Eastern Coconut Utama adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dibidang pengolahan kelapa terpadu dengan sebelas departemen kerja dan salah satunya adalah departemen logistik. Tugas umum departemen logistik adalah mengelola persediaan bahan baku, meliputi proses pemesanan, penerimaan, pengeluaran, penyimpanan dan stock opname. Pada proses pemesanan seringkali terjadi kelebihan bahan baku yang diterima dari pemasok yang menyebabkan penumpukan stok di gudang sehingga menimbulkan risiko bahan baku rusak, hilang dan risiko kedaluwarsa. Dalam melaksanakan kegiatan operasional, PT.Pacific Eastern Coconut Utama mendapatkan pasokan bahan baku dari beberapa pemasok yang hingga saat ini diketahui jumlahnya lebih dari 20 pemasok. Untuk mempermudah dalam pemilihan pemasok kelapa terbaik maka dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan yang mempunyai kemampuan mengevaluasi dan menyeleksi pemasok sesuai dengan kriteria yang ditentukan perusahaan. Berdasarkan permasalahan yang terjadi pada Departemen Logistik di PT.Pacific Eastern Coconut Utama, pemecahan solusinya adalah bagaimana membangun sistem informasi manajemen inventori untuk menangani masalah penumpukan stok bahan baku dan pemilihan pemasok kelapa terbaik. Metode yang digunakan untuk mengatasi penumpukan stok yaitu dengan peramalan menggunakan metode Single Moving Average, sedangkan untuk pemilihan pemasok menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Berdasarkan hasil pengujian black box dan pengujian beta, dapat disimpulkan bahwa sistem ini mampu membantu Departemen Logistik di PT. Pacific Eastern Coconut Utama dalam mencari solusi untuk menyelesaikan permasalahan penumpukan bahan baku dan melakukan pemilihan pemasok.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen (SIM), Persediaan, Peramalan, Single Moving Average, Analytical Hierarchy Process
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53357

Actions (login required)

View Item View Item