Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Futsal 76 Bandung

Reza Syahrizal, Muhamad (2017) Pengaruh Customer Relationship Management dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Futsal 76 Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Daftar member Futsal 76 mengalami penurunan dalam tiga tahun terakhir, hal ini disinyalir karena menurunnya kualitas pelayanan dan kurang bermanfaatnya program yang terdapat di Futsal 76. Berdasarkan survei awal, hal ini disebabkan pada program membership yang ditawarkan Futsal 76 kurang memberi manfaat atau nilai lebih, lalu pada kualitas pelayanan Futsal 76 kurang menjaga fasilitas fisik, seperti kebersihan toilet dan musholanya, bukan hanya itu pengelola Futsal 76 juga harus pintar dalam memanfaatkan teknologi, karena dapat memudahkan konsumen yang ingin menyewa melalui internet atau berbasis web. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh customer relationship management dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada Futsal 76 Bandung. Populasi dan sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah para penyewa lapang futsal 76. Penentuan jumlah sampel menggunakan random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan jawaban skala 1 (Sangat tidak setuju) sampai dengan 5 (Sangat setuju). Data dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menggaris bawahi bahwa customer relationship management berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, dan customer relationship management dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Sebaiknya pengelola Futsal 76 lebih memberikan manfaat kepada konsumennya dengan program promo atau membership agar kesetiaan konsumennya dapat terjaga.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Customer relationship management, kualitas pelayanan, loyalitas konsumen
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53359

Actions (login required)

View Item View Item