Pengembangan Layanan Mobile Dan Analisa Quality Of Service Pada IP-PBX Berbasis Protokol SIP Di PT. Melvar Lintasnusa

Ahmad, Said (2017) Pengembangan Layanan Mobile Dan Analisa Quality Of Service Pada IP-PBX Berbasis Protokol SIP Di PT. Melvar Lintasnusa.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Melvar Lintasnusa adalah perusahaan yang sudah lama bergerak di bidang Internet Service Provider. Perusahaan ini memiliki banyak karyawan dan beberapa diantaranya sering melakukan kunjungan lapangan ke kantor/gedung/rumah/hotel di wilayah Kota Bandung. Atas dasar itu, media komunikasi menjadi sarana yang paling penting untuk menjaga komunikasi antar karyawan di kantor pusat dengan karyawan yang bertugas di lapangan. Media komunikasi yang digunakan oleh PT. Melvar Lintasnusa adalah telepon kabel. Akan tetapi, dalam penerapannya masih sering terjadi gangguan. Oleh karena itu diperlukan media yang mampu mengoptimalkan sistem komunikasi antar karyawan pada PT. Melvar Lintasnusa. Salah satu cara alternatif untuk mengoptimalkan sarana komunikasi dengan mengembangkan sistem IP-PBX. IP-PBX Melsa menggunakan Asterisk sebagai proxy server berbasis protokol SIP. Dalam implementasi dan pengujian, dilakukan analisis layanan QoS (Quality of Service) dan MOS (Mean Opinion Score). Dengan demikian implementasi routing priority queue untuk paket suara menciptakan hasil suara yang baik dan stabil, dibandingkan default routing First IN First Out (FIFO) sesuai dengan nilai uji pengukuran berstandar ITU-T.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Jaringan komputer, VoIP, IP-PBX, Asterisk, Quality of Service, Mean Opinion Score, Layanan mobile
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53361

Actions (login required)

View Item View Item