Analisa Tingkat Kematangan Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 4.1 Pada Kantor Pertanahan Kota Bandung

Nawi, Ahmad (2017) Analisa Tingkat Kematangan Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 4.1 Pada Kantor Pertanahan Kota Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Tata kelola teknologi informasi merupakan suatu struktur dan proses yang saling berhubungan serta mengarahkan dan mengendalikan perusahaan dalam pencapaian tujuan perusahaan melalui nilai tambah dan penyeimbang antara risiko dan manfaat dari teknolgi informasi serta prosesnya.Kantor pertanahan Kota Bandung memeiliki sistem dan teknologi informasi yang dibangun untuk mendukung aktivitas bisnis perusahaan yang sebagian besar telah terintegrasi. Teknologi Informasi ini telah menjadi bagian dari Instansi perusahaan, karena sebagian aktivitas bisnis instansi perusahaan tergantung pada kestabilan teknologi informasi. Namun analisa yang dilakukan di perusahaan, keberadaan sistem dan teknologi informasi dirasakan belum sepenuhnya mendukung proses bisnis Badan Pertanahan Kota Bandung, sehingga efektivitas dan efisiensi kinerja masih belum optimal. karena IT masih dirasakan sebagai cost center artinya memerlukan biaya yang cukup besar sedangkan pengaturan atau tata kelola IT belum diterapkan dengan baik. Pengukuran tingkat kematangan proses tata kelola TI ini dilakukan dengan menggunakan COBIT 4.1. Proses TI yang kemudian dipetakan ke penilaian control objectives dan statements COBIT 4.1 Maturity Model. Hasil pengukuran tersebut kemudian dipadukan untuk memperoleh tingkat kematangan proses TI. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh ada 29 IT proses, dari ke empat domain, namun di fokuskan pada domain DS yaitu DS6 atau Mengidentifikasi dan Mengalokasikan Biaya. Hasil dari analisis penelitian ini didapatkan management awereness pada tingkat kinerja 1.89 dan tingkat kematangan tata kelola TI as is berada pada 2.62. Sedangkan tingkat harapan perusahaan berada pada tingkat 3.52.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Cobit 4.1
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53366

Actions (login required)

View Item View Item