sistem Informasi Perpustakaan Di SMP Assalam Bandung

Nurjaman, Rizal (2017) sistem Informasi Perpustakaan Di SMP Assalam Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sekolah Menengah Pertama Assalam Bandung didirikan pada tahun 1970 oleh yayasan Assalam Bandung dan disebut juga sebagai peristiwa penting dalam sejarah SMP Assalam Bandung ini bergerak dalam bidang pendidikan .Dalam penelitan ini penulis membahas sistem informasi perpustakaan di SMP Assalam Bandung.Proses yang berjalan saat ini yaitu masih menggunakan cara manual dalam pengolahan data anggota baru, peminjaman, pengembalian dan laporan, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan informasi yang diinginkan serta dapat menghabat kinerja staff perpustakaan dalam mengelolah data dan pembuatan laporan. Selain itu, tujuan penulis yaitu untuk mengetahui sistem informasi perpustakaan yang sedang berjalan, membuat model perancangan, melakukan pengujian dan implementasi Sistem Informasi Perpustakaan. Dalam permasalahan yang didapat penulis melakukan penelitian dengan metode deskriptif analisis dan dalam pengumpulan datanya menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Selain itu, metode pengembangan sistem yang dilakukan penulis menggunakan metode Prototype dan metode pendekatan sistem penulis menggunakan pendekatan terstruktur dengan alat bantu analisis menggunakan Bagan Alir Dokumen (Flow Map), Diagram Konteks (Conteks Diagram), Diagram Arus Data (Data Flow Diagram), Kamus Data, Normalisasi dan Relasi Tabel. Dalam pembuatan perangkat lunaknya menggunakan Nettbean 7.2 dan pembuatan database menggunakan phpMyAdmin. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan sistem yang berjalan masih menggunakan sistem secara manual dalam proses pengolahan datanya, sehingga penulis tertarik mengambil judul Sistem Informasi Perpustakaan di SMP Assalam Bandung yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja staf dalam pengolahan data. Testing terhadap perangkat lunak yang dibuat yaitu dengan metode pengujian Black Box dan mengimplementasikan sistem informasi yang meliputi perangkat lunak, perangkat keras, basis data antarmuka dari aplikasi yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Perpustakaan, Metode Deskriptif, Metode Pengembangan Prototype dan Metode Pendekatan Terstruktur.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Manajemen Informatika > Sistem Informasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Sistem Informasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:32
Last Modified: 10 Nov 2017 03:32
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53389

Actions (login required)

View Item View Item