Sistem Pengawasan Dan Evaluasi Pemberian Pembinaan Terhadap Sekolah Dasar Di Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu Dengan Pendekatan Sistem Informasi Geografis (SIG)

Eka Cahya Pernata, Nanang (2017) Sistem Pengawasan Dan Evaluasi Pemberian Pembinaan Terhadap Sekolah Dasar Di Kecamatan Haurgeulis Kabupaten Indramayu Dengan Pendekatan Sistem Informasi Geografis (SIG).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan Kecamatan Haurgeulis merupakan salah satu UPTD Pendidikan di wilayah Kabupaten Indramayu yang berfungsi sebagai pembina, pengembang, pemantau, penilai koordinator, dan penasihat penyelenggara pendidikan di tingkat sekolah. Pembinaan terhadap sekolah bertujuan untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar dan administrasi sekolah yang dilaksanakan oleh bagian Pengawas SD. Dalam pelaksanaannya, proses pembinaan terhadap sekolah kurang terpantau, dikarenakan laporan hasil pelaksanaan pembinaan sekolah yang diterima Koordinator Kelompok Jabatan Fungsional seringkali mengalami keterlambatan yang disebabkan karena banyaknya sekolah tidak sebanding dengan tenaga pembina yang ada, selain itu permasalahan yang timbul ketika pembinaan berlangsung mengakibatkan pembinaan tidak selesai tepat waktu. Berdasarkan permasalahan tersebut, dibutuhkan sebuah sistem informasi yang dapat membantu dalam proses pengawasan dan evaluasi pemberian pembinaan terhadap sekolah agar pelaksanaan pembinaan pada tahun ajaran berikutnya dapat lebih optimal dan mencapai target yang ditetapkan. Untuk memudahkan dalam pemantauan, sistem menggunakan pendekatan sistem informasi geografis (SIG). Sistem informasi ini menerapkan metode sistem pendukung keputusan (SPK) Weighted Product (WP) untuk membantu dalam menentukan pembinaan terhadap sekolah. Berdasarkan pengujian black box dan pengujian beta, dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibangun dapat membantu Koordinator Kelompok Jabatan Fungsional dalam melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan pembinaan terhadap sekolah serta membantu dalam melakukan evaluasi pemberian pembinaan sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Geografis, Sistem Informasi Geografis, Sekolah Dasar, UPTD Pendidikan Kec. Haurgeulis Kab. Indramayu.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53409

Actions (login required)

View Item View Item