PENGARUH MEDIA PERIKLANAN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA RESTORAN SINDANG RERET CABANG SURAPATI BANDUNG

Kartika, Tika (2004) PENGARUH MEDIA PERIKLANAN TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA RESTORAN SINDANG RERET CABANG SURAPATI BANDUNG.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Semakin ketatnya persaingan antara jasa restoran menyebabkan para pengusaha di bidang jasa harus semakin mempertinggi kualitas baik dalam pelayanan maupun produk yang ditawarkan. Pihak Restoran dituntut untuk lebih mengerti dan mengetahui apa keinginan dari calon konsumen agar mereka dapat membeli produk yang ditawarkan oleh pihak restoran. Agar informasi tentang produk dapat dipahami oleh konsumen, maka pihak restoran harus memperhatikan promosi yang akan dilakukan, salah satunya melalui iklan. Pemilihan media iklan yang tepat, akan mempengaruhi penyampaian iklan kepada calon konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media periklanan terhadap proses keputusan pembelian konsumen pada Restoran Sindang Reret Cabang Surapati Bandung. Media periklanan yang digunakan meliputi radio, majalah, koran, dan pamfet (X), yang dihubungkan dengan indikator – indikator proses keputusan membeli konsumen (Y). Dalam melakukan analisis, menggunakan metode Deskriptif Verifikatif, Regresi, Korelasi, dan Determinasi. Hasil analisis menunjukkan hipotesis penelitian terbukti yaitu memang terdapat pengaruh positif yang signifikan antara media periklanan dengan proses keputusan pembelian konsumen. Media periklanan mempengaruhi proses keputusan pembelian konsumen sebesar 9,73 % dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, diantaranya gaya hidup konsumen, cita rasa produk, kualitas produk, harga, kebiasaan, sosial, dan ajakan dari pihak lain. Apabila media periklanan yang digunakan lebih diperluas dan informasi yang diberikan lebih lengkap dan menarik, dapat dipastikan bahwa proses keputusan pembelian konsumen akan semakin meningkat. Selain itu mutu dan kualitas dari segi pelayanan maupun produk yang dihasilkan harus semakin ditingkatkan agar tercapai kepuasan konsumen.

Item Type: Article
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2004
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: M.Kom Taryana Suryana
Date Deposited: 16 Nov 2016 07:40
Last Modified: 16 Nov 2016 07:40
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/5341

Actions (login required)

View Item View Item