Implementasi Teknologi GPS Photo Geolocation Dan Google Place Api Untuk Menghindari Laporan Palsu Pada Aplikasi Pelaporan Pelayanan Publik Berbasis

Pratama Putra, Aidil (2017) Implementasi Teknologi GPS Photo Geolocation Dan Google Place Api Untuk Menghindari Laporan Palsu Pada Aplikasi Pelaporan Pelayanan Publik Berbasis.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Saat ini terdapat beberapa aplikasi android yang digunakan sebagai media pelaporan masyarakat terhadap pelayanan publik, baik pelayanan dari pemerintah maupun pelayanan dari pihak swasta. Semua aplikasi tersebut tersedia di toko aplikasi resmi google yaitu Google Play Store. Berikut ini adalah gambar yang menampilkan aplikasi pelaporan yang diambil dari Play Store dengan kata kunci pencarian ��Pelaporan��. Dari beberapa aplikasi tersebut, yang paling banyak di install dan digunakan oleh masyarakat adalah aplikasi Qlue dan aplikasi LAPOR. Menurut data terakhir dari Play Store (diakses tanggal 24 Agustus 2016) total jumlah unduhan aplikasi Qlue sudah mencapai 100.000 �� 500.000 unduhan. Sedangkan total jumlah unduhan aplikasi LAPOR mencapai 10.00 �� 50.000 unduhan. Hal ini dapat menjadi indikasi bahwa masyarakat sudah banyak yang menggunakan kedua aplikasi tersebut. Kedua aplikasi ini dirasakan cukup membantu masyarakat dalam melaporkan keluhan atau aspirasi terhadap pelayanan publik yang tersedia. Namun demikian tentunya aplikasi tersebut tidak lepas dari beberapa masalah, hal ini dapat dibuktikan dengan adanya beberapa pengguna yang mengeluh mengenai kinerja aplikasi terutama di bagian fungsionalitas aplikasi tersebut. Berdasarkan permasalahan yang telah dijelaskan, maka diperlukan suatu pengembangan dari segi fungsionalitas dari kedua aplikasi tersebut. Terutama untuk menghindari pembuatan laporan ��abal-abal�� atau palsu. Oleh karena itu, penulis bermaksud untuk melakukan penelitian tentang bagaimana membangun suatu aplikasi yang digunakan sebagai media pelaporan masyarakat mengenai keluhan, tanggapan, aspirasi atas pelayanan publik yang tersedia, baik yang berasal dari pemerintah maupun dari pihak swasta. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode pengujian black box dan acceptance dapat disimpulkan bahwa perangkat lunak yang dibangun mampu mencegah pembuatan laporan palsu oleh oknum masyarakat serta dapat menjadi media dalam penyampaian keluhan atas kualitas pelayanan publik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Laporan, Android, Masyrakat
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53416

Actions (login required)

View Item View Item