Penentuan Daerah Pemasaran Menggunakan Analisis Pangsa Pasar Dan Pengembangan Produk Berdasarkan Kepuasaan Pelanggan Di Perusahaan Peci M. Iming Dengan Pendekatan Customer Relationship Management

Irham Halid, Muhammad (2017) Penentuan Daerah Pemasaran Menggunakan Analisis Pangsa Pasar Dan Pengembangan Produk Berdasarkan Kepuasaan Pelanggan Di Perusahaan Peci M. Iming Dengan Pendekatan Customer Relationship Management.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Peci M.Iming adalah perusahan yang bergerak di bidang konveksi, khususnya pembuatan peci (kopeah) yang berdiri sejak tahun 1918. Hingga kini Peci M.Iming telah memproduksi 8 seri peci dan memiliki empat cabang yang berada di kota Bandung. Peci M.Iming memiliki dua jenis pelanggan, yaitu pelanggan perseorangan dan pelanggan berupa toko yang biasa disebut dengan agen. Berdasarkan wawancara dengan Yuliani selaku Pemilik / Direktur Utama perusahaan Peci M.Iming, selama ini perusahaan hanya menggunakan informasi melalui media internet seperti blog, toko online, dari mulut ke mulut, serta iklan berupa pamflet untuk menarik konsumennya, akan tetapi perusahaan kurang memperhatikan potensi pangsa pasarnya ditiap daerah, akibatnya bagian pemasaran merasa kesulitan ketika akan menetukan daerah pemasaran yang harus diprioritaskan karena tidak mengetahui daerah yang memilki pangsa pasar tinggi. Selanjutnya dalam melakukan pengembangan terhadap produk - produknya, selama ini perusahaan Peci M.Iming hanya berpatokan pada internal perusahaan saja, tanpa mempertimbangkan faktor keinginan pelanggannya, akibatnya menurut laporan berupa data penjualan pada bulan Mei hingga Juli tahun 2016, sempat terjadi ketimpangan terhadap permintaan beberapa jenis produk yang ada. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, maka dibutuhkan suatu Sistem Informasi Customer Relationship Management. Tujuannya adalah membantu Manajer marketing perusahaan dalam menentukan daerah yang memilki potensi pangsa pasar tinggi dan membantu Manajer produksi dalam menetukan rekomendasi pengembangan terhadap produk yang kurang laku. Segmentasi pasar geodemografis merupakan metode yang digunakan untuk menentukan daerah yang memiliki potensi pangsa pasar tinggi. Sedangkan alat yang digunakan dalam menyelesaikan masalah pengembangan produk menggunakan kuesioner online yang akan diterapkan didalam sistem informasi customer relationship management yang akan dibangun. Berdasarkan hasil pengujian fungsional, UAT (User Acceptence Test) dan pengujian pengguna akhir penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem ini telah membantu perusahaan dalam melakukan penentuan daerah pemasaran dan rekomendasi pengembangan pada produk yang tidak laku.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Customer relationship Management, Dynamic CRM, Segmentasi pasar Geodemografis, Pengembangan produk, Skala likert.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53419

Actions (login required)

View Item View Item