Implementasi Support Vector Machine Dan Metode Gabor Filter Pada APlikasi Pengenalan Citra Jayu Jati Untuk Pembuatan Meubel Berbasis Mobile (Studi Kasus PD Meubel Amoy Jaya)

Miftahillah, Fachmi (2017) Implementasi Support Vector Machine Dan Metode Gabor Filter Pada APlikasi Pengenalan Citra Jayu Jati Untuk Pembuatan Meubel Berbasis Mobile (Studi Kasus PD Meubel Amoy Jaya).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Kayu sebagai salah satu bahan kontruksi banyak digunakan dalam berbagai keperluan, antara lain sebagai bahan untuk pengolahan meubel. PD Meubel Amoy Jaya merupakan industri yang bergerak dibidang pengolahan kayu sebagai bahan kontruksi meubel. Kayu yang digunakan diantaranya adalah kayu jati. Kayu jati banyak digunakan karena memiliki karakteristik yang berbeda. Kurangnya pengetahuan tentang kayu jati dari konsumen juga semakin menyulitkan dalam memilih bahan dasar untuk pembuatan meubel secara tepat guna. Gabor filter merupakan metode pengenalan objek untuk memunculkan ciri-ciri tekstur khusus dari citra yang telah dikonvolusi terhadap kernel. Support Vector Machine (SVM) adalah metode klasifikasi supervised karena ketika proses pelatihan, diperlukan target pembelajaran tertentu. Dalam pengolahan citra, tekstur dapat digunakan untuk klasifikasi terhadap citra yaitu untuk mengidentifikasi dan mengenali suatu citra dengan tekstur tertentu berdasarkan satu set kelas atau klasifikasi tekstur yang diberikan. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi pengenalan kayu jati berbasis mobile menggunakan metode gabor filter dan support vector machines, didapat hasil akurasi pengenalan sebesar 92%. Dan hasil survei kuesioner didapatkan hasil persentase sebesar 90%. Sehingga aplikasi tersebut dapat membantu konsumen PD Meubel Amoy Jaya dalam memilih kayu jati dan usianya secara tepat untuk pembuatan meubel.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kayu, Gabor Filter, Support Vector Machine, Klasifikasi, Mobile
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53422

Actions (login required)

View Item View Item