Pembangunan Media Pembeljaran Dan Simulasi electrical Body Sebagai Penunjang Pratikum Otomotif (studi Kasus SMK Medikacom Bandung)

Candra Saputra, Aris (2017) Pembangunan Media Pembeljaran Dan Simulasi electrical Body Sebagai Penunjang Pratikum Otomotif (studi Kasus SMK Medikacom Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Teknik Kendaraan Ringan (TKR) yang bergerak dalam bidang otomotif. Electrical Body merupakan salah satu materi kompetensi. Metode pembelajaran yang berjalan di SMK MedikaCom Bandung masih manual menggunakan modul pendamping dengan metode ceramah, sebagian siswa kurang mengetahui penyusunan electrical body, tidak adanya media pembelajaran interaktif yang menggambarkan secara visual. Media pratikum menggunakan panel yang telah dibuat oleh guru, ketika pratikum alat peraga yang digunakan terbatas sehingga membutuhkan waktu lebih dan siswa yang tidak mengikuti prosedur menyebabkan kerusakkan pada alat peraga. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka diperlukan sebuah media pembelajaran yang diharapkan dapat membantu siswa dan guru. Berdasarkan permasalahan yang telah dijabarkan dibutuhkan sebuah media pembelajaran berbantuan komputer untuk mempermudah siswa dan guru melakukan proses belajar mengajar, yaitu dengan media pembelajaran yang disertai dengan simulasi. Media pembelajaran ini dibangun menggunakan metode Computer Assisted Insstruction (CAI) Media pembelajaran ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami materi, dapat merangkai rangkaian electrical body dan mengurangi kerusakkan pada alat peraga. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dan simulasi electrical body ini dapat membantu siswa dan guru dalam melakukan proses belajar mengajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teknik Kendaraan Ringan (TKR) yang bergerak dalam bidang otomotif. Electrical Body merupakan salah satu materi kompetensi. Metode pembelajaran yang berjalan di SMK MedikaCom Bandung masih manual menggunakan modul pendamping dengan metode ceramah, sebagian
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53423

Actions (login required)

View Item View Item