Analisis UI/UX Pada Pembangunan Website Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta

Heinbert Chrissteven Panggabean, P (2017) Analisis UI/UX Pada Pembangunan Website Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Website Reserse Polda Metro Jaya merupakan sebuah web yang memberikan informasi untuk masyarakat luas. Keberhasilan terhadap pengguna website salah satunya dilihat dari kemudahan saat pengguna berinteraksi dengan User Interface (UI) dengan website tersebut. Pada saat ini keadaan Website Reserse Polda Metro Jaya belum memiliki peracangan model User Experience (UX). untuk mendukung kemudahan dalam berinteraksi dengan UI. Data diperkuat setelah melakukan kuesioner menggunakan skala likert kepada users menghasilkan persentase evaluasi sebesar 47,4% yang menunjukan total hasil biasa saja pada kuesioner mula-mula yang dilampirkan pada lampiran penelitian, dan diketahui dari hasil kuesioner menjadikan website perlu untuk dilakukan analisis lebih lanjut. Dari segi tampilan website, pengunjung kurang mengetahui fitur SP2HP yang sangat esensi sebagai informasi tersangka. Informasi ini ditujukan untuk masyarakat umum terutama keluarga tersangka yang dapat mengetahui sudah sejauh mana tahapan surat penangkapan kasus tersangka narkoba. Maka dilakukan pengujian menggunakan pengujian menggunakan Analisis Konseptual Model yang sebelumnya telah di analisis menggunakan metode TCSD (Task Centered System Design). Task Centered System Design (TCSD) merupakan metode dalam Human Computer Interaction (HCI) yang digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan task pengguna. Metode TCSD meliputi 4 tahap, yaitu identification, requirement, design as scenario dan walktrough evaluate. Hasil identification digunakan sebagai dasar dalam perancangan user interface. Setelah dianalisis menggunakan perhitungan UI/UX berhasi diimplementasikan metode TCSD (Task Centered System Design) dan pengujian perbaikan website Reserse Narkoba Polda Metro Jaya dari segi User Interface dan User Experience menghasilkan nilai sebesar 64,7% lebih besar dari website lama yaitu sebesar 41,8%. Hal tersebut membuktikan bahawa website hasil rekomendasi lebih mudah digunakan oleh pengguna umum yaitu masyarakat sendiri atau pun pengguna intern Yaitu petugas kepolisian itu sendiri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: User Interface, User Experience, Metode UI/UX, Task System Center Design, Human-Computer Interaction
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53425

Actions (login required)

View Item View Item