Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Sebagai Upaya perbaikan Kualitas Pelayanan kepuasaan Pasien Pada RS Mata Cicendo Bandung

Sutejo, Pranna (2017) Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Sebagai Upaya perbaikan Kualitas Pelayanan kepuasaan Pasien Pada RS Mata Cicendo Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

RS Mata Cicendo merupakan satu-satunya rumah sakit mata milik pemerintah Republik Indonesia. Rumah sakit ini ditetapkan sebagai rujukan tertinggi atau disebut pula sebagai rumah sakit pusat oleh pemerintah. Terdapat dua kelompok pelayanan kesehatan di RS Mata Cicendo yaitu rawat jalan dan rawat inap. Pelayanan rawat jalan adalah pelayanan medik kepada seorang pasien untuk tujuan pengamatan, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, dan kesehatan lainnya, tanpa mengharuskan pasien tersebut dirawat inap. Sedangkan pelayanan rawat inap adalah pelayanan terhadap pasien masuk rumah sakit yang menempati tempat tidur perawatan untuk keperluan observasi, diagnosa, terapi, rehabilitasi medik dan pelayanan medis lainnya. Survei kepuasan pelanggan eksternal di RS Mata Cicendo belum dapat mengukur kualitas pelayanan yang ada di antara persepsi dan ekspektasi pasien terhadap pelayanan, sehingga dapat menyebabkan pasien RS Mata Cicendo akan mengalami kekecewaan serta kehilangan kepercayaan terhadap rumah sakit. Dari permasalahan tersebut memunculkan gagasan untuk merancang dan menerapkan strategi Customer Relationship Management, yang didalamnya dapat membantu petugas Hubungan Masyarakat dalam merekomendasikan saran perbaikan pelayanan rumah sakit yang efektif sesuai dengan harapan dan kebutuhan pasien. Setelah melalui tahap pengujian, sistem informasi ini dapat mengatasi masalah yang terjadi. RS Mata Cicendo dapat mengetahui seberapa besar selisih antara persepsi pasien terhadap pelayanan yang telah diterima dengan ekspektasi pasien terhadap pelayanan yang akan diterima, sehingga dapat mempertahankan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada RS Mata Cicendo.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, ServQual, RS Mata Cicendo.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53427

Actions (login required)

View Item View Item