Penentuan Pangsa Pasar Dan Paket Umrah Dengan Pendekatan Customer Relationship Management (CRM Pada PT Rabbani Semesta Utama

Saeful Anwar, Muhammad (2017) Penentuan Pangsa Pasar Dan Paket Umrah Dengan Pendekatan Customer Relationship Management (CRM Pada PT Rabbani Semesta Utama.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. PT. Rabbani Semesta Utama (Rabbani Tour) adalah penyedia jasa travel umrah yang bertempat di kota Bandung. Berdasarkan hasil wawancara dengan bagian Accounting Manager, Rabbani Tour mempunyai masalah mendapatkan pelanggan baru. Selain itu juga hanya sedikit pelanggan yang melakukan umrah lagi bersama Rabbani Tour. Permasalahan mendapatkan pelanggan baru disebabkan target pangsa pasar masih bersifat umum. Sedangkan permasalahan empertahankan pelanggan disebabkan paket umrah yang ditawarkan biasanya hanya berdasarkan paket yang sudah ditawarkan sebelumnya saja. Oleh karena itu, akan dibuat sistem Penentuan Pangsa Pasar dan Paket Umrah dengan Pendekatan Customer Relationship Management(CRM) di PT .Rabbani Semesta Utama. Pendekatan CRM yang digunakan jenisnya analytical, dengan framework dynamic CRM. Untuk penentuan pangsa pasar dilakukan analisis data pelanggan dengan metode segmentasi pasar demografis dan geografis bisa membuat target yang lebih terukur. Sedangkan untuk penentuan paket umrah dengan melakukan analisis pada paket umrah serta menggunakan evaluasi kuesioner pada setiap paket umrah yang sudah berjalan. Berdasarkan hasil pengujian yang terdiri dari pengujian black box dan user acceptance, dapat disimpulkan bahwa aplikasi Sistem Informasi CRM Rabbani dapat membantu perusahaan dalam menentukan pangsa pasar dan juga paket umrah dengan melakukan analisis pada data perusahaan. Adapun saran untuk kedepannya yakni untuk bisa lebih dikembangkan lagi fitur pada sistem informasi CRM.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pangsa Pasar, Customer Relationship Management(CRM), Analytical CRM, Dynamic CRM, Sistem Informasi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53433

Actions (login required)

View Item View Item