Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Untuk Perbaikan Kualitas pelayanan Berdasarkan Keluhan Pasien Pada Rumah Sakit Bungsu Bandung

Wayan Suyanto Adi, I (2017) Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Untuk Perbaikan Kualitas pelayanan Berdasarkan Keluhan Pasien Pada Rumah Sakit Bungsu Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Rumah Sakit Bungsu adalah salah satu rumah sakit swasta yang berlokasi di jalan veteran no 6, Jawa Barat. Rumah sakit bungsu berada dibawah yayasan Bala Keselamatan. Masalah yang dialami rumah sakit bungsu yaitu tentang keluhan atas pelayanan yang ada. Keluhan atas penanganan pasien ataupun keluhan atas pelayanan makanan maupun sikap dari pasien dan dokter ketika memerikasa. Customer Relationship Management (CRM) adalah usaha memanajemeni hubungan perusahaan dengan para pelanggan sehingga perusahaan dapat memahami lebih baik karakter dan kebutuhan pelanggannya dan kemudian membuat program perusahaan sesuai dengan kebutuhan tersebut. Dengan CRM akan membantu pihak rumah sakit untuk memperbaiki pelayanan yang ada agar sesuai dengan harapan pasien kedepannya serta dapat memonitoring keluhan yang telat diperbaiki apakah sesuai dengan harapan pasien atau tidak. Berdasarkan hasil pengujian black box dan pengujian beta maka dapat disimpulkan bahwa sistem informasi perbaikan pelayanan dapat membantu direktur, opsir pengurus, dan kabid umum dalam perbaikan kualitas pelayanan berdasarkan keluhan pasien dan juga sistem ini dapat membantu direktur, opsir pengurus, dan kabid umum dalam memonitoring keluhan yang telah diperbaiki apakah sudah sesuai dengan harapan pasien atau belum. Sistem ini juga membantu pasien dalam menyampaikan keluhan yang diterima atas pelayanan yang ada pada rumah sakit bungsu bandung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, pelayanan, rumah sakit
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53444

Actions (login required)

View Item View Item