Implementasi Metode Principal Component Analysis Dan Support Vector Machines Dalam Mendeteksi Plasmodium Malaria Pada Citra Sampel Darah

I Djahari, Kasmir (2017) Implementasi Metode Principal Component Analysis Dan Support Vector Machines Dalam Mendeteksi Plasmodium Malaria Pada Citra Sampel Darah.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Malaria merupakan salah satu penyakit yang dapat mematikan, khususnya pada balita dan anak-anak. Penyebab dari penyakit malaria dikarenakan tubuh penderitanya yang dieksploitasi oleh kuman malaria yang berupa plasmodium/parasit. Penyebaran penyakit malaria yaitu melalui gigitan nyamuk anopheles atau yang disebut juga nyamuk malaria. Nyamuk jenis ini terkenal akibat peranannya sebagai penyebar parasit malaria. Plasmodium malaria berkembang biak pada organ hati penderitanya kemudian menginfeksi sel darah. Ada 2 jenis plasmodium yang dapat menyebabkan penyakit malaria, yaitu: 1) Plasmodium Falciparum; 2) Plasmodium Vivax. Analisis tekstur dapat diperoleh dengan cara mengekstraksi ciri gambar dengan berbagai metode. Metode yang digunakan adalah metode Principal Component Analysis (PCA), dan Support Vector Machines (SVM) sebagai metode pengklasifikasian dalam pengenalan pola (pattern recognition). Pattern Recognition merupakan salah satu bidang dalam komputer sains, yang memetakan suatu data ke dalam konsep tertentu yakni class atau category. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Principal Component Analysis dan Support Vector Machines berhasil dalam pengenalan dan pengklasifikasian pada plasmodium malaria dengan akurasi 75%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengenalan Pola, Pengolahan Citra, Ekstraksi Ciri, Principal Component Analysis, Support Vector Machines.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53445

Actions (login required)

View Item View Item