Penentuan Rekomendasi Produk Menggunakan Pendekatan Customer Relationship Management Di CV. Sanggar Teknologi Indonesia (PUSTEKINDO)

Pebrianti, Rani (2017) Penentuan Rekomendasi Produk Menggunakan Pendekatan Customer Relationship Management Di CV. Sanggar Teknologi Indonesia (PUSTEKINDO).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV. Putra Sanggar Teknologi Indonesia (PUSTEKINDO) adalah sebuah perusahaan yang bergerak melayani jasa pembuatan baru dan perbaikan part - part mesin industri , service vacuum pump , konstruksi mesin , tangki , instalasi pipa dan lain-lain. Permasalahan yang terjadi , pelanggan selalu membeli produk dengan bahan yang sama untuk suatu produk yaitu produk yang memiliki bahan yang sangat baik , akibatnya persediaan bahan menumpuk dan memenuhi gudang. Pelanggan juga menyatakan keterjangkauan harga produk tidak memuaskan, pelanggan mengharapkan ada rekomendasi produk serupa yang lebih murah yang bisa dipilih. Hal ini yang menjadikan perlunya sebuah sistem penentuan rekomendasi dengan pendekatan customer relationship management yang mampu memberikan rekomendasi produk .Tujuan pembangunan sistem rekomendasi ini untuk membantu marketing menentukan rekomendasi produk dan membantu pelanggan mendapatkan rekomendasi produk serupa .Metode yang digunakan untuk rekomendasi produk adalah Analytical Hierarchy Process dengan 3 kriteria yaitu harga , bahan dan jumlah penjualan. Hasil dari metode ini adalah tpv global yang akan dijadikan rekomendasi adalah 2 produk dengan nilai tpv global terbesar. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibangun dapat membantu marketing untuk menentukan rekomendasi produk dan membantu pelanggan dalam mendapatkan rekomendasi produk serupa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analytical Hierarchy Process , rekomendasi , Customer Relationship Managament.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53448

Actions (login required)

View Item View Item