Pembangunan Aplikasi Multimedia Interaktif Continental Food Sebagai Media Pembelajaran Jasa Boga Kelas XI (Studi Kasus SMK MVP ARS Internasional)

Purnama, Hendris (2017) Pembangunan Aplikasi Multimedia Interaktif Continental Food Sebagai Media Pembelajaran Jasa Boga Kelas XI (Studi Kasus SMK MVP ARS Internasional).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Continental Food merupakan makanan yang berasal dari Negara-negara Eropa yang terdiri dari dari appetizer, soup, maincourse dan dessert. Di program studi jasa boga SMK MVP ARS INTERNASIONAL terdapat mata pelajaran pengolahan dan penyajian continental food sebagai mata pelajaran wajib yang memiliki kompetensi dasar dalam mengolah dan menyajikan continental food yang terdiri dari makanan pembuka (appetizer), sup (soup), main course , dan makanan penutup (dessert). Pada proses pembelajaran pengolahan dan penyajian continental food meliputi kelas teori dan praktikum. Di kelas teori siswa mendengarkan, dan memahami guru yang sedang menyampaikan materi serta berdiskusi. Sedangkan pada kelas praktikum di laboratorium kitchen jasa boga, siswa mempraktikan sesuai dengan materi yang diajarkan pada saat teori di kelas. Sebanyak 63% siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran pengolahan dan penyajian continental food. Dengan menerapkan media pembelajaran berbantuan komputer (Computer Assisted Instruction) berbasis tutorial, simulasi dan drill and pratice diharapkan siswa program studi jasa boga dapat memiliki gambaran atau visual yang lebih jelas mengenai praktikum continental food. Dan guru pun dapat memberikan gambaran atau visual mengenai pengolahan dan penyajian appetizer, soup, main course dan dessert dengan media pendukung yaitu media pembelajaran multimedia interaktif continental food. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian, aplikasi media pembelajaran multimedia interaktif pengolahan dan penyajian continental food kelas XI, diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi yang dibangun 87% dapat membantu siswa untuk memahami materi sebelum praktikum serta dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pengolahan dan penyajian continental food dengan memanfaatkan multimedia interaktif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Interactive Multimedia , Computer Assisted Instruction ,learning media, food service, SMK MVP ARS INTERNASIONAL
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53450

Actions (login required)

View Item View Item