Manajemen Keluhan Dan Rekomendari Produk Dengan Pendekatan Customer Relationship Management (CRM) Di PT. Prudential Life Assurance Pru Fortune BD3 Bandung

Rezki Rangka, Orlando (2017) Manajemen Keluhan Dan Rekomendari Produk Dengan Pendekatan Customer Relationship Management (CRM) Di PT. Prudential Life Assurance Pru Fortune BD3 Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PT. Prudential Life Assurance Pru Fortune BD3 Bandung merupakan kantor cabang dari PT. Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) yang menyediakan jasa asuransi. Ada banyak produk asuransi yang ditawarkan prudential kepada para nasabah untuk membantu semua kebutuhan nasabahnya. Permasalahan-permasalahan yang sering terjadi di PT. Prudential Life Assurance Pru Fortune BD3 Bandung adalah nasabah kesulitan ketika membutuhkan info terkait permasalahan asuransi yang diikuti, nasabah harus menghubungi agen leader atau mendatangi kantor prudential. Akan tetapi karena keterbatasan dari agen leader yang menangani banyak nasabah, terkadang membuat nasabah yang lain terabaikan dan tidak mendapatkan informasi terhadap keluhan mereka. PT. Prudential Life Assurance Pru Fortune BD3 Bandung juga masih kesulitan dalam memberikan rekomendasi produk yang akan ditawarkan kepada nasabah. Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang ada pada saat ini di PT. Prudential Life Assurance Pru Fortune BD3 Bandung, maka dibutuhkan suatu pembangunan sistem informasi manajemen keluhan dan rekomendasi produk dengan pendekatan Customer Relationship Management (CRM). Tujuan pembangunan sistem informasi manajemen keluhan dan rekomendasi produk ini untuk memudahkan dalam menentukan prioritas penanganan keluhan dimana keluhan yang masuk akan diprioritaskan mana yang lebih penting dan tidak penting untuk diselesaikan terlebih dahulu serta membantu dalam memberikan rekomendasi produk yang sesuai dengan profil nasabah. Metode yang digunakan untuk manajemen keluhan adalah Elimination Sequential by Lexicography dimana akan dilakukan eliminasi dan prioritas keluhan untuk para nasabah. Sedangkan metode untuk rekomendasi produk kepada para nasabah adalah metode Weighted Product (WP) dimana akan dilakukan pembobotan kriteria berdasarkan data profil nasabah sehingga dalam menentukan alternatif produk mana yang sesuai dengan kriteria para nasabahnya akan menjadi mudah.Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah membantu wakil PT. Prudential Life Assurance Pru Fortune BD3 Bandung dalam manajemen keluhan nasabah dan juga pemberian rekomendasi produk kepada para nasabahnya berdasarkan data profil nasabah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management, Manajemen Keluhan, Rekomendasi Produk, Elimination Sequential by Lexicography, Weighted Product
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53455

Actions (login required)

View Item View Item